-->

Ini dia 8 Nutrisi Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Saat Puasa

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Saat Puasa

Apakah bunda saat ini sedang hamil dan memilih untuk tetap berpuasa ? Nah karena pasokan nutrisi yang dapat diserap terbatas ketika seseorang berpuasa maka bunda perlu mengetahui makan sehat untuk ibu hamil yang kaya akan nutrisi. Puasa ketika bunda sedang hamil dapat menyebabkan rasa lapar yang dipercepat mengingat bunda sedang mengandung.

Hal ini dapat terjadi karena hormon yang mengatur glukos terganggu ketika seseorang berpuasa sehingga jumlahnya dapat menurun drastis. Proses tersebut dapat dikaitkan dengan fungsi kognitif yang buruk pada masa anak-anak dan disamping itu beberapa penelitian menunjukkan bahwa perubahan tersebut dapat mempengaruhi perkembangan sistem saraf.

Selain itu menurut beberapa penelitian juga membuktikan bahwa berpuasa dapat menurunkan asupan kalori sebanyak 500-1000 kalori di bawah batas normal. Beberapa penelitian lain juga membuktikan bahwa kekurangan suplai nutrisi pada ibu hamil dapat menyebabkan bayi lahir dengan berat badan rendah.

Nah untuk dapat mencegah hal itu ketika bunda sudah memutuskan untuk tetap berpuasa saat hamil maka memilih makan sehat adalah jawabannya. Tips berikut ini berfokus tentang nutrisi yang harus dipenuhi ibu hamil ketika sahur maupun berbuka. Yuk simak spenjelasannya makanan ehat untuk ibu hamil saat puasa berikut ini :

Penuhi Kebutuhan Asupan Karbohidrat

Penting sekali bagi bunda yang tengah hamil untuk memenuhi gizi seimbang saat sedang menjalankan puasa. Salah satu nutrisi yang wajib bunda penuhi adalah karbohidrat karena karbohidrat membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dicerna sehingga dapat mencegah keadaan lapar dipercepat.

Baca juga : 

Bunda dapat memenuhi kebutuhan asupan karbohidart dari makanan seperti nasi merah, roti gandum, oatmeal, dan kacang-kacangan serta makanan yang memiliki kandungan serat tinggi seperti sayur dan buah.

Penuhi Kebutuhan Asupan Protein

Asupan protein sama pentingnya dengan asupan karbohidrat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi si ibu dan bayi dalam kandungan. Bunda dapat memenuhi kebutuhan asupan nutrisi protein dari makanan yang mendung protein tinggi seperti daging, ikan, telur ,dan kacang-kacangan. Bunda dapat mengkonsumsi makanan berprotein tinggi ini dalam jumlah besar yang berfungsi untuk membantu tumbuh dan kembang janin di dalam rahim.

Kurangi Mengkonsumsi Makanan Manis

Bunda sebaiknya dapat mengurangi mengkonsumsi makanan manis saat bunda memilih untuk berpuasa ketika hamil karena makanan manis dapat meningkatkan kadar gula dalam darah naik dengan drastis yang mengakibatkan bunda mudah lemas dan gampang lapar.

Perbanyak Mengkonsumsi Buah-buahan

Bunda dapat mengantikan makanan manis dengan mengkonsumsi buah buahan yang mengandung gula alami seperti kurma. Kurma memang dikenal makanan yang selalu ada saat puasa selain itu sunnah ternyata kurma memiliki banyak kandungan manfaat lho bunda. 

Baca juga : 

Jika bunda mengkonsumsi kurma saat berpuasa maka akan membantu mencegah sembelit, anemia, dan bahkan dapat membantu dalam memperlancar proses persalinan nantinya.

Kurangi Konsumsi Makanan Mengandung Lemak Tinggi

Bunda sebaiknya mengurangi mengkonsumsi makanan yang berlemak karena makanan berlemak tidak baik dikonsumsi saat bunda sedang hamil. Bunda dapat menggantikannya dengan makanan yang mengandung lemak alami seperti alpukat, minyak ikan, keju, kacang, dan lain-lain.

Perbanyak Mengkonsumsi Makanan Mengandung Kalsium

Bunda dapat memenuhi kebutuhan kaslium harian dengan mengkonsumsi makanan mengandung kalsium seperti susu, keju, yogurt, sayuran, dll. Mengkonsumsi makanan mengandung kalsium dapat bermanfaat bagi proses pertumbuhan tulang dan gigi bayi.

Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Pada dasarnya memenuhi kebutuhan cairan tubuh sangat penting bagi semua orang tidak hanya pada ibu hamil. Namun hal ini sangat penting untuk diperhatikan bagi ibu hamil sehingga disarankan bagi bunda untuk mengkonsumsi air putih kurang lebih 1,5-2 liter perharinya agar terhindar dari dehidrasi. 

Nah itu tadi tips makanan sehat yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi bunda saat berpuasa. Jangan lupa untuk tetap memenuhi kebutuhan nutrisi ya bunda meskipun bunda sedang berpuasa setidaknya ketika berbuka dan sahur bunda dapat memenuhi kebutuhan nutrisi dari makanan-makanan sehat yang telah di uraikan diatas. Semoga informasinya dapat bermanfaat dan selamat mecoba :) 

Lebih baru Lebih lama

2 Komentar

  1. JAYA PURNAMA

    wah... ini bisa jadi masukkan bagi calon suami juga. yang nanti kalau pas udah nikah harus bisa membantu jaga pola hidup si istri 😁 mantap kak infonya

    Replay
    • Admin

      sebagai suami perlu sekali peduli dengan kondisi istri saat hamil kaka, Terimakasih berkunjung semoga membantu 😊

Posting Komentar

Berkomentarlah secara wajar dan sesuai dengan topik didalam artikel, jangan mengirim link spam pada kolom komentar.

Posting Komentar (2)

Ad Blocker Detected

Tolong matikan adBlock anda karena hanya iklan yang membuat kami semangat menulis