-->

Kenali Penyebab dan 6 Cara Alami Menghilangkan Ketombe Membandel Dijamin Ampuh

Kenali Penyebab dan 6 Cara Alami Menghilangkan Ketombe Membandel Dijamin Ampuh

Masalah ketombe pada rambut hampir diderita oleh ribuan orang. Masalah ini sangat menganggu karena membuat penampilan kita menjadi terlihat kotor dan nggak sempurna lagi. Terutama ketika kamu memakai gaun atau dresscode dengan warna mencolok. Ini akan membuat ketombe yang jatuh di pundakmu terlihat begitu jelas.

Sebetulnya ada banyak penyebab seseorang mengalami masalah pada kulit kepala. Hal ini dapat disebabkan karena kita kurang menjaga kebersihan pada kulit kepala, kesalahan dalam memilih produk perawatan rambut, dan masih banyak lagi. Nah untuk lebih jelasnya kamu dapat menyimak penjelasan berikut ini.

Ketahui Penyebab Ketombe

Sebelum kamu mengetahui penyebab ketombe itu sendiri yuk kita pahami dulu sebenernya apa sih ketombe itu. Jadi ketombe itu adalah kondisi dimana kulit kepala kronik hingga ditemukan kulit kepala mengelupas menjadi serpihan-serpihan berwarna keabu-abuan. Ketombe biasanya ditandai dengan gejala kulit rambut berminyak, gatal, dan kadang terasa kering. Penyebab ketombe sendiri dijabarkan pada penjelasan berikut :

  1. Dermatits Seboroik

Dermatitis seboroik merupakan kondisi dimana kulit kepala kering, memerah, dan berminyak. Dermatitis Seboroik juga menyerang bagia tubuh lain selain kulit kepala yaitu alis, dada, selangkangan, dan daerah tubuh lain yang memiliki banyak kandungan kelenjar keringat.

  1. Malas Mencuci Rambut

Malas mencuci rambut akan membuat minyak yang keluar di kulit kepala menumpuk hingga akhirnya menjadi ketombe. Selain itu ketombe juga dapat muncul akibat kamu kurang bersih dalam membilas rambutmu saat keramas.

  1. Malasezia Sp

Malasezia Sp adalah jamur yang biasa hidup di kulit kepala manusia. Jamur ini dapat berpotensi menjadi ketombe jika ditemukan kondisi yang menjadikan jamur ini berkembang biak dengan cepat, contohnya ketika suasana atau kondisi panas karena terik matahari. Malasezia menyebabkan asam lemak tak tersaturasi menumpuk dikulit kepala hingga akhirnya menjadi ketombe.

  1. Kulit Kepala Kering

Kondisi kulit kering sebetulnya agak berbeda dengan kondisi dimana kulit kepala berminyak. Pada kulit kepala kering terkadang serpihan yang dihasilkan cenderung kecil. Berbeda dengan kondisi dimana kulit kepaka berminyak yang mengakibatkan serpihan ketombe menjadi besar-besar.

  1. Dermatitis Kontak

Dermatitis kontak merupakan kondisi dimana hipersensitive seseorang meningkat ketika memakai produk shampo dengan komposisi tertentu.

  1. Faktor Kerentanan Setiap Individu

Kerentanan individu dapat mengakibatkan ketombe yang kemungkinan disebabkan karena adanya perbedaan dari fungsi barrier startum korneum, perbedaan respon imun atau protein dan lain sebagainya.

  1. Penyakit

Penyebab ketombe yang selanjutnya dapat dikaitkan dengan kemungkinan adanya penyakit tertentu. Penyebab spesifiknya sendiri belum dapat dijelaskan namun ada beberapa ahli berpendapat bahwa hal ini dapat terjadi karena adanya kemungkinan keterkaitan antara saraf seperti Pakinson dengan adanya ketombe dengan intensitas yang cukup tinggi.

Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Garam

Menghilangkan ketombe dengan garam bukan hoax ya. Larutan air garam memang sudah banyak terbukti dapat mengurangi masalah ketombe pada kulit kepala. Berikut cara menghilangkan ketombe dengan garam :

  1. Siapkan air hangat dan garam
  2. Tuangkan garam ke dalam air kurang lebih 2-5 sdm
  3. Aduk aduk hingga garam larut
  4. Gosokkan keseluruh kulit kepala sambil dipijat-pijat hingga merata
  5. Diamkan selama kurang lebih 15 menit hingga meresap kedalam kulit kepala
  6. Terakhir bilas rambutmu dengan air hingga bersih.

Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Lemon

Jeruk nipis atau lemon dikenal memiliki banyak manfaat pada tubuh manusia. Tak jarang banyak produk kecantikan dan produk perawatan yang memanfaatkan kandungan baik pada lemon. Kandungan alami yang dimiliki lemon sendiri diantaranya Vit C, B1, B2, B3, B5, karbohidrat, lemak, kalsium, protein, magnesium, serat, dsb. Lemon sendiri juga dipercaya dapat menumbuhkan rambut dengan cepat dan menghilangkan ketombe pada kulit. Berikut cara menghilangkan ketombe dengan lemon yang dapat kamu aplikasikan dirumah :

  1. Siapkan beberapa buah lemon yang sudah dibersihkan
  2. Iris dan ambil airnya
  3. Aplikasikan air perasan lemon tersebut keseluruh permukaan kulit kepala
  4. Diamkan selama beberapa saaat agar meresap
  5. Kemudian bilas dengan bersih.


Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Baking Soda

Jika kamu memiliki masalah pada kulit kepala kamu dapat menggunakan cara yang satu ini yaitu dengan menggunakan baking soda. Mungkin terdengar aneh ya tetapi cara ini perlu kamu buktikan karena hasilnya memang ampuh menghilangkan ketombe. Berikut cara menghilangkan ketombe dengan baking soda :

  1. Ambil sedikit baking soda kira kira ¼ sdt
  2. Siapkan sedikit air dan campurkan
  3. Aduk hingga merata
  4. Aplikasikan keseluruh kulit kepala sambil dipijiat pijat hingga merata
  5. Diamkan beberapa saat agar meresap
  6. Kemudian bilas kepalamu dengan air mengalir hingga bersih.

Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Minyak Zaitun

Minyak zaitun pada dasarnya memang memiliki banyak manfaat terhadap perawatan rambut. Tidak jarang banyak produk shampo maupun produk perawatan rambut lainnya yang menggunakan minyak zaitun dalam kompisisi pembuatannya.  Nah buat kamu yang sedang mengalami masalah ketombe, minyak zaitun dipercaya mampu mengurangi masalah pada ketombe dengan cara berikut ini :

  1. Tuangkan minyak zaitun secupuknya ke kulit kepala dan ratakan
  2. Pijak-pijat kulit kepala
  3. Lakukan hal berulang selama kurang lebih 30 menit
  4. Setelah itu kamu dapat membilasnya dengan air bersih.

Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Lidah Buaya

Lidah buaya memang tanaman yang dikenal akan banyak manfaat. Tidak kalah dengan minyak zaitun, lidah buya juga dapat digunakan untuk mengurangi masalah pada ketombe karena adanya kandungan seperti protein, lemak, karbohidrat, fosfor, zat besi, vit A, B1, dan c pada lidah buaya itu sendiri. Nah untuk menghilangkan ketombe dengan lidah buaya caranya yaitu :

  1. Ambil lidah buaya yang memilihi volume isi cukup banyak
  2. Bersihkan dan kemudian kupas untuk mengambil dagingnya
  3. Setelah itu kamu dapat menumbuk atau memblendernya
  4. Kemudian aplikasikan keseluruh kulit kepala
  5. Pijat-pijat hingga merata kurang lebih 30 menit
  6. Setelah itu bilas dengan air mengalir sampai benar benar bersih.

Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Cuka

Cuka yang dimaksud disini adalah cuka apel ya. Cuka apel sudah terbukti oleh banyak orang dapat menghilangkan masalah ketombe pada kulit kepala. Caranya sangat mudah yaitu dengan mencampurkan beberapa sendok cuka apel ke dalam air yang telah disiapkan kemudian kamu dapat mengaplikasikan ke kulit kepalamu secara menyeluruh. Setelah itu diamkan kurang lebih 15 menit lalu bilas dengan air hingga bersih.

Nah itulah beberapa tips ampuh menghilangkan ketombe membandel dengan alami. Ingat ya teman-teman baik itu cara alami maupun non alami pasti membutuhkan proses. Untuk itu kamu dapat melakukan tips diatas pada beberapa hari kedepan hingga masalah ketombe pada kulit kepalamu dapat teratasi. Selamat mencoba 😊

Previous Post Next Post

2 Comments

  1. Tutor's

    Nah yang begini nih Saya tuh paling males kalau ketombean apalagi pakai baju hitam nanti ketombenya timbul bikin malu :(

    Sejak pakai shampo pantene ketombe ngga balik lagi, akhirnya nemu yang seperti ini :D

  2. Maria Okta

    saya lagi pusing banget sama masalah ketombe sampe harus gonta ganti shampo.. saya mau coba deh pake bahan-bahan alami yang diinfokan disini, kebetulan punya lidah buaya di rumah :D

Post a Comment

Berkomentarlah secara wajar dan sesuai dengan topik didalam artikel, jangan mengirim link spam pada kolom komentar.

Post a Comment (2)

Ad Blocker Detected

Tolong matikan adBlock anda karena hanya iklan yang membuat kami semangat menulis