-->

10 Tips Menaikkan Berat Badan Efektif dan Ideal

10 Tips Menaikkan Berat Badan Efektif dan Ideal
photo from pexels

Memiliki tubuh yang ideal adalah dambaan setiap orang sehingga tak jarang banyak orang yang berusaha melakukan berbagai cara untuk mendapatkan tubuh yang ideal. Ada banyak penyebab mengapa seseorang ingin menaikkan berat badan. Salah satu alasannya bisa jadi karena terlalu kurus dan menginginkan badan yang ideal. Namun terlepas dari semua alasan diatas, menaikkan berat badan juga perlu dilakukan dengan cara yang tepat agar tidak terjadi masalah Kesehatan yang menganggu tubuh kita.

Bagi sebagian orang ada yang makan sedikit bisa menyebabkan kenaikan berat badan yang signifikan. Namun bagi sebagian orang lainnya terkadang justru sulit untuk menaikkan berat badan meskipun sudah merasa makan makanan yang ideal. Bukannnya tanpa beban, mereka yang kesulitan menaikkan badan juga menginginkan berat badan yang ideal. Terlebih lagi jika kondisi badan yang kurus disebabkan karena kondisi metabolisme atau adanya suatu penyakit tertentu.

 

Berikut kami telah mengulas tips menaikkan berat badan yang efektif dan ideal yang dapat kamu coba dirumah :

 

  1. Makan Makanan yang Sehat dan Kaya akan Nutrisi

    Jika anda ingin menaikkan berat badan yang sehat dan ideal maka perbanyaklah mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi seimbang. Misalnya buah-buahan, sayur, kacang-kacangan, daging tanpa kulit atau lemak, tahu, tempe, telur, dll. Dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan berkalori tinggi maka akan membantu mempercepat kenaikan berat badan.

     

    Baca Juga : Cara Membuat Lauk Pauk Untuk Penderita Asam Lambung

     

  2. Menambah Frekuensi Makan

    Seseorang yang memiliki berat badan dibawah ideal cenderung merasa cepat kenyang. Untuk itu jika normalnya dalam sehari kita mengkonsumsi makanan dengan porsi normal 2-3 kali sehari, maka cukup kurangi porsi makan kamu dan usahakan makan dengan frekuensi lebih dari 3 kali dalam sehari.

  3. Mengkonsumsi Minuman Berkalori dan Bernutrisi Tinggi

    Tak hanya makanan saja yang perlu kamu perhatikan ya . Penting sekali untuk kamu memperhatikan minuman yang kamu konsumsi saat ingin menaikkan berat badan. Kamu sebaiknya mengkonsumsi minuman yang berkalori dan bernutrisi tinggi seperti susu, yogurt, dan jus segar disela waktu makan kamu. Minuman dapat memenuhi cairan tubuh sekaligus menghindari dari dehidrasi.

  4. Mengkonsumsi Smoothies

    Mengkonsumsi smoothies saat ingin menaikkan berat badan sangat dianjurkan karena minuman ini mengandung banyak nutrisi yang akan mempercepat proses kenaikan berat badan kamu secara ideal.

  5. Perbanyak Mengkonsumsi Air Putih

    Selain minuman berkalori, air putih juga berperan penting dalam menaikkan berat badan. Selain memenuhi cairan tubuh dan juga menghindari dari dehidrasi , air putih  menjadi salah satu pilihan wajib. Kamu dapat mengatur pola mengkonsumsi air putih mulai dari pagi hari saat bangun tidur, siang saat beraktifitas, sore dan juga malam hari. Idealnya setiap tubuh manusia membutuhkan setidaknya 8 gelas asupan air putih dalam sehari.

  6. Tambah Asupan Kalori

    Agar program menaikkan berat bedan lebih efektif sebaiknya kamu perlu menambah asupan kalori dalam tubuh. Kamu dapat memilih sumber kalori tambahan yang sehat dari roti, mentega, susu dan sup.

    Jika ingin tubuh lebih cepat mengalami kenaikan berat badan maka kamu harus menciptakan surplus kalor. Tubuh kamu harus mengkonsumsi kalori lebih banyak dari pada yang dibakar. Kamu dapat mentarget kalori 300-500 kalori atau jika ingin lebih cepat targetkan 700-1000 kalori.

  7. Hindari Minum Sebelum Makan

    Bagi sebagian besar orang, minum sebelum makan akan membuat nafsu makan menjadi turun karena yang tadinya lapar kemudian kita minum sehingga rasa lapar menurun. Untuk itu sebaiknya jangan minum sebelum makan atau setidaknya usahakan minimal  30menit sebelum makan kamu bisa minum jika ingin.

     

    Baca Juga :  Makanan Dan Minuman Yang Harus Dihindari Saat Sakit Gigi Kambuh

     

  8. Pilih Camilan Sehat

    Tips berikutnya untuk menaikkan berat badan yakni dengan memilih camilan sehat sebagai tambahan asupan nutrisi. Kamu dapat memilih camilan sehat seperti buah atau kedelai sebagai alternatif camilan sehat sehari-hari karena kedua makanan ini memiliki kandungan kalori yang cukup baik untuk menambah berat badan.

  9. Hindari Begadang dan Merokok

    Kebiasaan sebagian besar orang adalah kurang bisa menjaga pola tidur yang baik dan pola hidup yang baik. Selain dapat mendatangkan penyakit, perlu kamu ketahui bahwa begadang dapat membantu kamu untuk mempercepat program menaikkan berat badan. Sehingga perlu kamu garis bawahi bahwa kebiasaan ini mulai sekarang harus segera dihindari. Selain begadang, merokok pun juga dapat mendatangkan penyakit serta mengganggu program menaikkan berat badan untuk itu kebiasaan merokok juga sebaiknya mulai  dikurangi.

  10. Olahraga Rutin

    Jangan salah jika olahraga rutin hanya untuk orang yang ingin menurunkan berat badan. Bagi kamu yang sedang menjalankan program menaikkan berat badan ternyata olahraga rutin  juga tetap dibutuhkan loh. Hal ini dikarenakan agar tubuh dapat membentuk jaringan otot dan memangkas kelebihan lemak sehingga kamu dapat mewujudkan tubuh yang ideal.

 

Nah itulah 10 tips menaikkan berat badan yang efektif dan ideal yang dapat kamu coba mulai sekarang. Ingat bahwa segalanya butuh proses untuk itu usahakan konsisten dan bila perlu kamu dapat membuat jadwal kegiatan untuk mengatur pola makan dan juga waktu olahraga. Share jika artikel ini menurut kamu cukup bermanfaat agar kami lebih bersemangat dalam menulis.

Lebih baru Lebih lama

Berkomentarlah secara wajar dan sesuai dengan topik didalam artikel, jangan mengirim link spam pada kolom komentar.

Posting Komentar (0)

Ad Blocker Detected

Tolong matikan adBlock anda karena hanya iklan yang membuat kami semangat menulis