-->

Makanan Dan Minuman Yang Harus Dihindari Saat Sakit Gigi Kambuh

Sakit gigi

Saat kamu sedang sakit gigi jangan makan dan minum sembarangan karena akan berakibat fatal atau membuat sakit gigi kambuh lagi. Sakit gigi dapat menyerang siapa saja, kapan saja, dan dimana saja. Sakit yang dirasakan pun bervariasi setiap orang. Terkadang ada yang mengalami keluhan nyeri ringan saat sakit gigi dan terkadang pula ada yang mengalami keluhan nyeri kronis saat sedang sakit gigi. Rasa nyeri saat sakit gigi itu sendiri biasanya terjadi di dalam atau di sekitar gigi. Ada fakta yang perlu kamu ketahui bahwa di dalam gigi terdapat bagian lunak yang berisi saraf, jaringan dan pembuluh darah yang dinamakan pulpa. Bagian pulpa yang ada di dalam gigi ini termasuk bagian yang paling sensitif di tubuh manusia sehingga ketika sarah teriritasi atau terinfeksi oleh bakteri (abses) maka hal tersebut yang akan menimbulkan sakit pada gigi kamu. 

Secara umum penyebab sakit gigi itu sendiri diakibatkan karena gigi abses, gigi patah, gigi berlubang, dan tambalan gigi yang rusak. Selain itu kebiasaan seperti gerakan berulang ketika mengunyah permen karet dan menggertakkan gigi juga dapat menyebabkan gigi kamu menjadi sakit. Gigi berlubang atau gigi rusak sendiri dapat terjadi ketika seseorang tidak rajin menggosok gigi yang mengakibatkan adanya bakteri menempel dan membuat gigi menjadi keropos. Kamu setidaknya dapat menghindari gejala sakit gigi dengan rajin menggosok gigi minimal dua kali dalam sehari. Selain itu kamu juga dapat menjaga kebiasaan seperti berkumur, menyikat lida, dan membersihkan sela gigi disaat kamu menggosok gigi.

Selain kebiasaan diatas, penyebab seseorang sering mengalami sakit gigi adalah karena mengkonsumsi makanan dan minuman yang beresiko menjadikan gigimu menjadi sakit. 

Berikut Makanan dan Minuman Penyebab Sakit Gigi Sering Kambuh :

Permen Asam

Hampir semua orang mungkin sudah mengetahuinya kalau permen memang dipercaya sebagai makanan yang dapat menyebabkan seseorang sakit gigi dan harus dihindari. Namun yang perlu kamu ketahui disini bahwa tidak hanya makanan manis seperti permen saja yang dapat menyebabkan kamu sakit gigi. Permen asam pun justru memiliki risiko yang lebih tinggi bagi seseorang untuk terkena sakit gigi.

Hal ini dikarenakan hampir semua permen asam memiliki kandungan asam yang cukup tinggi yang dapat mengikis enamel yaitu lapisan terluar gigi. Kasus parahnya adalah ketika seseorang menggosok gigi setelah makan permen asam. Sikat gigi setelah makan permen asam tidak bisa mencegah kerusakan tetapi justru memperparah kerusakan. Jika lapisan terluar pada gigi (enamel) sudah terlanjur rusak maka ketika kamu menyikat gigi justru akan semakin mengikis gigi.

Terlebih lagi pada permen asam yang memiliki tekstur kenyal yang justru dapat berpotensi menempel pada gigi dan tanpa disadari akan menyebabkan percepatan proses pengikisan lapisan luar gigi.

Soda

Soda menduduki urutan kedua minuman yang dapat menyebabkan sakit gigi. Soda merupakan minuman yang memiliki kandungan gula cukup tinggi yang memang sudah banyak orang mengetahuinya. Selain memiliki cukup banyak kandungan gula, minuman yang satu ini juga memiliki sifat yang dapat membuat mulut menjadi kering. Kondisi mulut kering ini justru akan berpotensi bagi bakteri jahat untuk semakin merusak gigi kamu sehingga gigi sakit sering kambuh. Selain itu soda seperti cola dan minuman berkarbonasi lainnya yang berwarna gelap juga dapat merusak warna asli gigi kamu menjadi lebih gelap dan kusam. 

Setelah minum soda sebaiknya jangan langsung menggosok gigi agar tidak mempercepat pembusukan. Lebih baik kamu berkumur terlebih dahulu sebelum akhirnya menggosok gigi.

Es Batu

Es batu termasuk kedalam kategori makanan dan minuman yang dapat membuat gigi menjadi keropos karena pengikisan. Hal ini dikarenakan ada banyak orang yang hobi mengunyah es batu saat minum sesuatu yang dingin. Kebiasaan ini sama sekali tidak baik baik dan harus dihindari agar kesehatan mulut dan gigi kamu dapat terjaga. Bahkan penelitian dari American Dental Association menyatakan bahwa mengunyah es dapat merusak email gigi sehingga menyebabkan gigi menjadi sensitif dan rentan patah.

Jika kamu termasuk seseorang yang suka makan es batu maka mulai sekarang hindari hal itu. Gigi yang dipaksa untuk mengunyah sesuatu yang keras dan dingin dapat menyebabkan gigi menjadi longgar sehingga mudah copot dan menyebabkan sakit gigi sering kambuh.

Buah Kering

Buah kering yang dimaksud dalam hal ini adalah buah seperti kismis, aprikot, plum, sultana, dll. Makanan seperti buah kering ini memiliki kandungan gula yang sangatlah manis yang tentunya membuat gigi kamu mudah sakit sehingga harus dihindari. Selain itu tekstur buah kering cenderung keras dan lengket sehingga jika dikunyah kemungkinan akan menyangkut ke sela-sela gigi kamu dan menjadi santapan utama bagi bakteri yang tinggal di gigi kamu dan menyebabkan sakit gigi sering kambuh.

Setelah kamu makan makanan sejenis buah kering ini maka segera berkumur dengan air lalu menggosok gigi dan dilanjutkan dengan menggunakan dental floss yaitu benang gigi yang dapat membersihkan makanan yang tersisa pada sela-sela gigi.

Keripik Kentang

Keripik kentang sebetulnya makanan yang paling merakyat dan banyak orang yang menyukai makanan yang satu ini. Namun sayangnya makanan yang satu ini masuk dalam kategori makanan yang dapat menyebabkan sakit gigi. Hal ini dikarenakan keripik kentang memiliki kandungan pati yang cukup tinggi dimana pati tersebut dapat menjadi gula yang bisa tertinggal di sela-sela gigi dan menjadi santapan empuk bagi bakteri yang tumbuh di gigi sehingga harus dihindari. Selain menjadi santapan bagi bakteri di gigi, makanan yang tertinggal juga dapat menyebabkan plak pada gigi dan menyebabkan sakit gigi sering kambuh.

Biskuit

Camilan atau makanan yang satu ini juga tidak kalah merakyat dengan keripik kentang karena hampir semua orang menyukai makanan yang satu ini. Camilan seperti biskuit ini masuk dalam kategori makanan yang berpotensi menyebabkan sakit gigi karena makanan ini memiliki kandungan gula yang cukup tinggi sehingga jika kamu suka makan makanan manis dan malas menggosok gigi maka akan menyebabkan sakit gigi kambuh lagi sehingga biskuit harus dihindari. Hal ini dikarenakan setiap kali seseorang makan sesuatu pasti akan ada yang tersisa ataupun menempel pada gigi sehingga menyebabkan sakit gigi. 

Acar

Acar adalah makanan yang banyak mengandung asam. Acar sendiri umumnya dihidangkan dengan makanan seperti gorengan sebagai penyegar mulut. Namun siapa sangka makanan yang satu ini memiliki potensi untuk dapat menyebabkan sakit gigi dah harus dihindari. Mengingat kandungan asam pada makanan seperti acar ini cukup tinggi dimana asam dapat menyebabkan pengeroposan pada gigi kamu sehingga acar termasuk dalam daftar makanan yang harus kamu hindari saat kamu sakit gigi. 

Roti

Mungkin kamu selama ini tidak sempat berpikir bahwa roti ternyata termasuk dalam kategori makanan yang seharusnya kamu hindari saat sedang sakit gigi. Pasalnya makanan seperti roti ini banyak mengandung karbohidrat dimana karbohidrat sendiri akan berubah menjadi gula ketika kita mengunyahnya. Alasan roti masuk kedalam makanan yang dapat menyebabkan sakit gigi dan harus dihindari karena apabila makanan ini terselip di sela-sela gigi kamu maka akan menyebabkan bakteri di gigi menjadi-jadi. Hal ini tentunya akan menyebabkan gigi kamu menjadi berlubang hingga terasa nyeri atau sakit gigi.

Kopi 

Nah minuman yang satu ini adalah minuman yang tak kalah pentingnya dalam berpotensi membuat gigi kamu menjadi sakit. Kopi merupakan minuman yang sangat banyak sekali penggemarnya, namun faktanya minuman ini berpotensi membuat gigi kamu menjadi sakit dan rusak sehingga harus dihindari. Orang yang sangat menyukai kopi cenderung memiliki warna yang kecoklatan karena efek dari warna kopi itu sendiri. Noda kopi yang melengket pada bagian luar gigi lama kelamaan dapat menyebabkan sakit gigi.

Alkohol

Alkohol pada dasarnya dapat membahayakan kesehatan tubuh kamu tidak hanya gigi saja. Ketika seseorang sering mengkonsumsi alkohol maka mulut akan menjadi kering dan mudah dehidrasi. Kondisi mulut kering dapat membuat bakteri semakin berkembang, dan selain itu air liur sebetulnya dibutuhkan untuk membersihkan diri dari area sisa sisa makanan dan melindungi jaringan lunak pada gigi dari iritasi dan infeksi.

Kondisi mulut kering dapat memberikan kesempatan bagi bakteri untuk berkembang biak dengan cepat sehingga gigi kamu mulai terasa sakit, dan mungkin pula terjadi masalah pada penyakit gusi dan lidah. Oleh karena itu minuman seperti alkohol ini perlu harus dihindari jika kamu sedang sakit gigi atau ingin terhindar dari sakit gigi.


Nah itu dia beberapa makanan dan minuman  yang wajib kamu hindari agar kamu tidak sakit gigi dan sakit gigi agar tidak kambuh. Selain menghindari nya kamu juga perlu menjaga kebersihan gigi kamu dengan menggosok gigi minimal 2 kali dalam sehari. Usahakan selalu berkumur setelah kamu makan sesuatu seperti diatas.




Previous Post Next Post

5 Comments

  1. Tutor's

    Kalau Saya tuh pantangan minum yang dingin2 bisa langsung ngilu :')

    Apa lagi pas sakit gigi..

    Replay
    • Hartomy.com

      iya kak mendi seperti itu, sebaiknya makanan dingin dikurangi kak agar kesehatan gigi juga tetap terjaga

  2. Pirate King

    Emang sakit gigi tuh nyiksa banget. Makanan diatas harus dihindari tuh

    Replay
    • Hartomy.com

      iya kak penting sekali menjaga kesehatan gigi dengan menghindari makanan yang dapat menyebabkan gigi ngilu.

  3. Adhariirawan

    Cocok banget nih artikelnya buat saya yang punya sakit gigi, ya mulai sekarang saya coba hindari lah makanan dan minuman tersebut

Post a comment

Berkomentarlah secara wajar dan sesuai dengan topik didalam artikel, jangan mengirim link spam pada kolom komentar.

Post a comment (5)

Ad Blocker Detected

Tolong matikan adBlock anda karena hanya iklan yang membuat kami semangat menulis