-->

Cara Membuat Soal Ujian Dengan Timer di Google Form

Soal Ujian Dengan Timer di Google Form


Saat ini dunia pendidikan sudah semestinya untuk mengikuti perkembangan teknologi yang ada. Salah satunya yakni dengan memanfaatkan salah satu platform google seperti google form sebagai media untuk ujian sekolah di dunia pendidikan baik tingkat SD, SMP, SMA/K , bahkan hingga perguruan tinggi. 

Terlebih lagi saat ini di masa pandemi hampir 80% lebih aktivitas pendidikan dilakukan secara daring atau online sehingga menuntut guru maupun siswa untuk mampu memaksimalkan teknologi dalam proses pembelajaran. Bagi seorang guru hal ini tentunya menjadi tantangan terlebih lagi soal urusan ujian sekolah yang mana biasanya dilakukan secara offline. Ujian sekolah menjadi momen penting untuk menguji kemampuan siswa dalam menjawab setiap soal yang telah ditentukan waktu dan pelaksanaannya sehingga dalam membuat soal ujian secara online pun perlu mengatur yang namanya masa atau jangka waktu pengerjaan soal. Nah bagaimana cara membuat soal ujian dengan timer di google form ? Yuk simak penjelasan berikut ini :

Langkah-langkah Membuat Soal Ujian di Google Form

Siapkan Soal dan Jawaban

Pertama untuk membuat soal ujian di google form kamu perlu menyiapkan terlebih dahulu soal dan jawaban yang ingin kamu jadikan google form. Kamu dapat menyiapkan soal tersebut di word maupun media lainnya. Tujuan menyiapkan soal dan jawaban ini adalah untuk mempermudah guru dalam menghitung score atau nilai akhir dari setiap siswa yang telah menjawab soal ujian tersebut. 

Buka Google Form

Jika soal dan jawaban kamu telah siap kamu dapat mulai membuat soal ujian secara online menggunakan aplikasi google form. Pada tahap ini kamu akan ditampilkan sebuah halam yang berisi template form yang akan kamu gunakan sebagai media untuk ujian online.


Baca Juga : 


Judul Google Form

Di halaman awal google form kamu akan ditampilkan sebuah halam template untuk form ujian online. Nah pada tahap ini kamu sebaiknya menuliskan keterangan mengenai judul mata kuliah ataupun mata pelajaran yang akan diujikan. Sebagai contoh kamu dapat melihat format yang ada pada gambar berikut ini :

Soal ujian dengan timer di google form


Baca Juga : 

Setting Google Form ke Format Quiz

Sebelum kamu menuliskan atau mengisis form tersebut dengan soal dan jawaban maka sebaiknya melakukan penyetingan terhadap format google form ke format quiz. Caranya cukup mudah yakni kamu tinggal mengklik menu setelan di bagian atas lalu pilih kuis selanjutnya aktifkan mode quiz untuk google form tersebut.

Soal Ujian Dengan Timer di Google Form


Rilis Nilai 

Tahap kedua saat kamu menyeting google form quiz adalah tentang rilis nilai. Pada menu ini kamu akan dihadapkan pada dua pilihan yakni Rilis Nilai ‘Segera Setelah Setiap Pengiriman’ atau Rilis Nilai ‘Nanti, setelah peninjauan manual’. Kedua pilihan tersebut dapat kamu atur sesuai kebutuhan. Namun jika kamu memilih Rilis Nilai ‘Nanti, setelah peninjauan manual’ maka kamu mewajibkan setiap peserta ujian untuk menginput informasi mengenai alamat email mereka.


Baca Juga : 


Responden Dapat Melihat

Selanjutnya pada saat menyeting google form quiz kamu juga akan dihadapkan pada 3 pilihan di menu Responden Dapat Melihat ini. Disini terdapat pilihan pertama yaitu Responden dapat melihat ‘Pertanyaan tak terjawab’ yang artinya responden dapat melihat identifikasi pertanyaan yang telah dijawab dengan benar. Kemudian pada pilihan kedua yaitu responden dapat melihat ‘Jawaban yang benar’ yang artinya responden dapat melihat jawaban yang benar/tepat setelah nilai keluar. Selanjutnya pada pilihan ketiga yakni responden dapat melihat ‘Nilai Poin’ yang artinya responden dapat melihat poin total dan poin yang diterima untuk setiap pertanyaan.

Soal Ujian Dengan Timer di Google Form


Setting Umum

Oke setelah setting kuis selesai selanjutnya pilih menu setelan dan klik setting umum. Pada bagian ini sebaiknya kamu mengatur bagian ‘Perlu Masuk’ dengan membatasi maksimal 1 jawaban yang dapat dikirimkan oleh responden mengingat form ini adalah form ujian sehingga hanya dapat dikerjakan satu kali oleh setiap responden.

Soal Ujian Dengan Timer di Google Form


Selain itu pada menu setting umum sebaiknya menu setting ‘Responden dapat’ ini kamu kosongi atau tidak usah dicentang mengingat kuis atau ujian ini umumnya tidak dapat diedit setelah dikumpulkan. 

Input Soal dan Jawaban

Setelah tahap setting selesai selanjutnya barulah kamu dapat menginput soal dan jawaban di template google form. Kamu dapat mengatur format soal sebagai pilihan ganda ataupun essay pada tahap ini. Kemudian kamu juga akan diarahkan untuk memasukkan jawaban yang benar beserta poin skor per soalnya sehingga nantinya tidak perlu repot-repot untuk menghitung nilai akhir setiap siswa.

Tambahkan Add-on Timer (Quilgo - Timer & Proctoring)

Soal Ujian Dengan Timer di Google Form


Untuk menambahkan fitur waktu pengerjaan kamu dapat menambahkannya dengan memilih menu titik tiga di bagian atas google form lalu pilih Add-on. Setelah itu search Quilgo - Timer & Proctoring kemudian install.

Soal Ujian Dengan Timer di Google Form


Daftar Quilgo - Timer & Proctoring

Sebelum kamu dapat menggunakan fitur ini, kamu diarahkan untuk mendaftar terlebih dahulu ke halaman Quilgo - Timer & Proctoring. Langkahnya pilih menu titik tiga di bagian atas google form kemudian pilih Quilgo - Timer & Proctoring.

Soal Ujian Dengan Timer di Google Form


Setelah itu akan muncul dialog box sebagai berikut yang berisi link untuk mendaftar Quilgo - Timer & Proctoring. 

Soal Ujian Dengan Timer di Google Form


Jika sudah mendaftar maka kamu akan mendapatkan token yang dapat kamu gunakan untuk menambahkan fitur ini pada google form mu. Salin token tersebut kemudian enable to Quilgo - Timer & Proctoring. 

Soal Ujian Dengan Timer di Google Form


Masuk ke halaman Dashboard Quilgo - Timer & Proctoring

Jika kamu sebelumnya sudah meng enable Quilgo - Timer & Proctoring maka form ujian yang telah kamu buat sebelumnya telah otomatis terlink di dashboard Quilgo - Timer & Proctoring. Selanjutnya pilih menu ‘Public form link’ di bagian atas maka akan muncul berikut ini :

 

Soal Ujian Dengan Timer di Google Form

Sebelum kamu menshare link soal tersebut, kamu dapat mengedit setting seperti masa atau jangka waktu pengerjaan soal dan setting yang lainnya yang dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan kamu.

Cara Membuat Soal Ujian Dengan Timer di Google Form


Jika sudah maka link tersebut dapat kamu share sehingga jika link di buka maka akan muncul form dengan durasi waktu pengerjaan sebagai berikut :

 

Soal Ujian Dengan Timer di Google Form

Nah itulah tips mudah Membuat Soal Ujian Dengan Timer di Google Form. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Selamat mencoba :)

Lebih baru Lebih lama

4 Komentar

  1. Maria Oktaviani

    Wah ini berguna bgt sih buat guru zaman sekarang, tutorialnya mudah di mengerti dan untungnya google form ini masih gratis ya

    Replay
  2. JAYA PURNAMA

    mantap kak informasinya.. akhirnya saya bisa membuat formulir online dengan aplikasi ini.
    .
    Saya juga mau eksperimen buat formulir jenis lainnya.

    Replay
Posting Komentar

Berkomentarlah secara wajar dan sesuai dengan topik didalam artikel, jangan mengirim link spam pada kolom komentar.

Posting Komentar (4)

Ad Blocker Detected

Tolong matikan adBlock anda karena hanya iklan yang membuat kami semangat menulis