-->

10 Rumus Spreadsheet dan Contohnya Lengkap

Dunia kerja saat ini syarat sekali menggunakan media seperti spreadsheet dalam mengerjakan tugas-tugasnya. Spreadsheet sendiri pada dasarnya adalah aplikasi dari google yang memiliki karakteristik yang tidak jauh berbeda dengan excel pada umumnya. Perbedaannya hanya terletak pada jaringan yang mana pada aplikasi excel dari microsoft sendiri tidak menggunakan internet dan aplikasi spreadsheet dari google ini menggunakan jaringan sehingga data dapat diakses kapan saja dan dimana saja.

Adanya excel atau spreadsheet itu sendiri sangat membantu pekerjaan kantor mengingat di dalam aplikasi ini kita dapat mengolah data yang nomadennya berupa angka menjadi lebih mudah dan cepat karena adanya rumus. Penting sekali bagi kamu untuk memahami dasar rumus spreadsheet agar pekerjaanmu tidak lagi menggunakan manual tetapi sudah menggunakan rumus spreadsheet yang memang sudah didesain untuk mempermudah pekerjaan manusia.

Berikut kami akan membahas 12 rumus spreadsheet yang cukup sering dipakai atau digunakan dalam dunia kerja beserta contoh lengkapnya :

  1. Sum

    Sum adalah rumus pertama dalam spreadsheet yang sangat sering sekali kita jumpai pada saat menggunakan spreadsheet. Sebagian dari kalian mungkin sudah memahami bahwasannya SUM ini adalah rumus dalam spreadsheet yang berguna untuk menjumlahkan data dalam excel dengan cepat.

    Berikut contohnya rumus sum yang benar dan lengkap dalam spreadsheet :

    rumus SUM
    Rumus SUM

    Ketika kamu akan menggunakan rumus sum kamu dapat mengetikkan 

    =SUM(.... : …) pada kolom yang ingin kamu jumlahkan.

  2. Average

    Average jika diterjemahkan dalam bahasa indonesia artinya adalah rata-rata sehingga rumus AVERAGE pada spreadsheet maupun excel memang ditujukan untuk melihat rata-rata suatu data.

    Berikut contohnya AVERAGE dalam spreadsheet secara lengkap dan benar :

    Rumus Average
    Rumus Average

    Ketika kamu ingin mencari rata-rata suatu data kamu dapat menuliskan rumus =AVERAGE(... : …) titik tersebut dapat kamu isi dengan kolom mana saja yang ingin kamu cari nilai rata-ratanya.

  3. Max

    Kamu dapat menggunakan rumus MAX pada spreadsheet maupun excel ketika ingin mencari nilai maksimal pada suatu data yang ada di spreadsheet. misalnya saja ketika kamu ingin mencari nilai maksimal dari suatu nilai di masing-masing kelas yang terdiri dari nilai 97, 93, dan 69. Jika kamu masih bingung coba pahami contoh lengkapnya berikut ini :

    Rumus Max
    Rumus Max
  4. Min

    Nah rumus Min adalah kebalikan dari rumus MAX dimana rumus MIN digunakan untuk mencari nilai atau variabel terkecil pada suatu spreadsheet atau excel. Cara penulisan rumusnya tidak jauh berbeda dengan penulisan rumus MAX. Berikut contoh lengkapnya cara menggunakan rumus MIN dalam spreadsheet :

    Rumus Min
    Rumus Min
  5. AND

    Rumus AND digunakan untuk memunculkan TRUE atau FALSE pada variabel yang ingin kamu memunculkan nilai TRUE atau FALSE nya. Jika kamu merasa cukup bingung kamu dapat melihat contoh berikut ini yang sebetulnya dapat dengan mudah kamu tulis di spreadsheet :

    Rumus And
    Rumus AND
  6. COUNT

    Rumus COUNT ini pada dasarnya digunakan untuk menghitung jumlah cell dalam data spreadsheet kamu. Kamu dapat memahami fungsi COUNT untuk lebih jelasnya dengan menyimak contoh berikut ini :

    Rumus Count
    Rumus COUNT
  7. IF

    Selanjutnya rumus IF yang menurut kami adalah rumus yang sangat penting dan wajib untuk kamu ketahui mengingat jika kamu sudah memahami betul rumus IF ini maka kamu akan dapat mengembangkan rumus excel atau spreadsheet lainnya karena rumus IF atau rumus lainnya dapat kita gabungkan untuk menampilkan hasil tertentu :

    Rumus IF
    Rumus IF
  8. Vlookup

    Fungsi formula VLOOKUP menunjukkan data dari tabel yang disusun dalam format vertikal. Salah satu syarat untuk menyisipkan tabel data pada baris pertama harus didasarkan pada urutan kecil hingga besar / menaik. Sebagai contoh; 1,2,3,4 ... atau huruf A-Z. Jika sebelumnya kamu menulis secara acak, maka silahkan untuk menyusunnya atau mengurutkannya dengan menu ascending. Contohnya adalah sebagai berikut:


    Rumus Vlookup
    Rumus VLOOKUP

  9. Hlookup

    Fungsi HLOOKUP menunjukkan data dari tabel yang dibuat dalam format horizontal. Persyaratan persiapan tabel adalah sebagai berikut:

    Rumus Hlookup
    Rumus HLOOKUP

    Data pada baris pertama harus didasarkan pada urutan kecil ke besar / meningkat.

    Seharusnya; 1,2,3,4 ... atau huruf A-Z. Jika sebelumnya kamu menulis secara acak, maka silahkan untuk menyusunnya atau mengurutkannya dengan menu ascending. Contohnya adalah sebagai berikut :

  10. Day , Month, Year

    Rumus day digunakan untuk mengambil value atau nilai pada tanggal suatu variabel. Contoh penggunaan rumus DAY pada spreadsheet atau excel adalah sebagai berikut :

    Rumus Day
    Rumus Day

    Selanjutnya untuk rumus MONTH sendiri bertujuan untuk mengambil value atau nilai pada sebuah variabel berjenis tanggal dengan data bulan saja yang diambil. Penjelasan lebih ringkasnya dapat kamu lihat dengan contoh penulisan rumus MONTH di spreadsheet berikut ini :

    Rumus Month
    Rumus MONTH

    Kemudian rumus YEAR ditujukan untuk mengambil nilai atau value pada data tanggal dimana nilai yang diambil adalah tahun. Berikut rumus yang dapat kamu tuliskan pada excel maupun spreadsheet :

    Rumus Year
    Rumus YEAR

Nah itu dia 10 rumus excel atau spreadsheet yang cukup sering digunakan dalam dunia kerja. Kamu perlu memahami dan mengingat rumus-rumus diatas untuk mempermudah pekerjaanmu dalam mengelola suatu data excel atau pun spreadsheet. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua :)

Previous Post Next Post

Berkomentarlah secara wajar dan sesuai dengan topik didalam artikel, jangan mengirim link spam pada kolom komentar.

Post a Comment (0)

Ad Blocker Detected

Tolong matikan adBlock anda karena hanya iklan yang membuat kami semangat menulis