-->

10 Cara Menaikkan Trombosit dalam Sehari

cara menaikkan trombosit dalam sehari
cara menaikkan trombosit

Kamu sedang mengalami kekurangan trombosit dan butuh waktu cepat dalam sehari untuk menaikkan nya ? Tidak perlu khawatir dan bingung kamu dapat mengikuti 10 cara alami ini untuk meningkatkan trombosit dengan cepat. Tetapi sebelum itu kamu perlu memahami dulu apa itu trombosit dan mengapa trombosit bisa turun.

Pengertian Trombosit

Trombosit adalah komponen dalam darah yang memiliki bentuk seperti kepingan sel dimana peran utama kepingan sel ini adalah untuk membekukan darah. Jadi ketika kamu terluka yang mengakibatkan darah keluar dari luka tersebut maka trombosit inilah yang berperan untuk menutup luka agar darah tidak terus menerus keluar. Trombosit akan membentuk benang-benang fibrin ketika kamu terluka yang berfungsi untuk menutup luka secara alami.

Penyebab Trombosit Turun

Secara umum kondisi trombosit turun dalam istilah medis disebut juga dengan istilah trombositopenia. Seseorang dikatakan trombositopenia ketika kadar trombosit dalam darah tidak lebih dari 150rb/microliter.

Normalnya trombosit dalam darah seseorang berada di angka 150rb hingga 450rb/microliter. Trombosit diproduksi oleh sumsum tulang yang berfungsi sebagai pembeku darah atau pengikat darah. Oleh karena itu ketika seseorang kekurangan trombosit atau mengalami trombositopenia maka akan mudah mengalami pendarahan.

Berikut adalah beberapa penyebab trombosit dalam diri seseorang menurun :

  • Trombosit yang dihasilkan oleh sumsum tulang jumlahnya tidak cukup banyak. Selain itu meskipun sumsum tulang sudah memproduksi trombosit dalam jumlah yang sesuai tetapi pada suatu kondisi tertentu trombosit dihancurkan oleh tubuh.
  • Limpa membengkak merupakan penyebab kedua trombosit berkurang karena dengan adanya limpa yang membengkak inilah yang mengakibatkan trombosit tertahan dan akhirnya darah kekurangan trombosit. 

Kedua kondisi diatas dapat menyebabkan seseorang mengalami trombositopenia, namun tidak menutup kemungkinan masing-masing gangguan yang disebutkan diatas terjadi karena gangguan fungsi tubuh tertentu atau karena adanya penyakit tertentu yang mengakibatkan trombosit jumlahnya menurun.

Tingkat Produktivitas Trombosit Kecil

Salah satu organ tubuh yang memproduksi trombosit adalah sumsum tulang yang mana pada bagian sumsum tulang tersebut terdiri dari sel stem. Sel stem inilah yang berperan memproduksi trombosit, sel darah merah, dan sel darah putih. Jika terjadi kerusakan pada sel stem pada sumsum tulang maka produksi trombosit, sel darah merah, dan sel darah putih juga akan berkurang. Beberapa penyakit berikut dapat menyebabkan kondisi tersebut antara lain kanker, anemia aplastik, paparan bahan kimia beracun seperti arsen, benzena, dan pestisida.

Tubuh Menghancurkan Trombosit Sendiri

Terdapat suatu kondisi pada seseorang dimana trombosit yang diproduksi pada dasarnya normal dan sudah sesuai namun karena beberapa kondisi terkadang tubuh menghancurkan sendiri trombosit dalam darah sehingga terjadi penurunan kadar trombosit dalam darah. Kondisi ini dapat terjadi karena adanya kemungkinan penyakit berikut :

  • Penyakit Autoimun, penyakit ini mengalami suatu kondisi dimana sistem kekebalan tubuh justru menyerang sel-sel tubuh yang normal termasuk sel stem yang memproduksi trombosit.
  • Konsumsi obat-obatan, mengkonsumsi obat-obatan seperti antibiotik yang mengandung sulfa dan beberapa jenis antibiotik lainnya seperti (dilantin, vancomycin, dan fampin) dapat membuat tubuh menjadi “bingung” sehingga menghancurkan sel-sel normal seperti sel stem yang memproduksi trombosit.
  • Infeksi, bakteri, dan virus juga dapat menjadi penyebab suatu kondisi sehingga trombosit dalam darah menurun dan akhirnya menyebabkan seseorang kekurangan trombosit.
  • Hamil, menurut survey 5% wanita yang hamil mungkin dapat mengalami trombositopenia. Penyebab pastinya terkait kondisi ini pun masih belum diketahui secara pasti.

Trombosit Tertahan Dalam Limpa

Secara normal trombosit akan ditampung di limpa sebanyak kurang lebih sepertiga dari total trombosit. Jika terjadi masalah seperti pembengkakan pada limpa yang menyebabkan trombosit tertahan di dalam limpa sehingga trombosit dalam darah menurun dan menyebabkan seseorang mengalami trombositopenia.

Ketika keadaan atau kondisi trombosit dalam tubuhmu menurun lalu bagaimana cara menaikkan trombosit agar jumlah nya normal. Nah penjelasan berikut ini akan membahas informasi terkait cara menaikkan trombosit dalam sehari sehingga jumlah trombosit dalam darah dapat kembali normal.

Cara Menaikkan Trombosit

Mengkonsumsi Air Putih yang Banyak

Penting sekali bagi kamu untuk memahami bahwa sebetulnya tidaklah mudah menaikkan trombosit dalam darah seseorang. Hal ini dikarenakan pada dasarnya protein dan air lah yang membentuk sel darah sehingga mengkonsumsi air putih yakni sekitar 8-10 gelas per hari dapat membantu menaikkan jumlah produksi trombosit dalam darah.

Mengkonsumsi Buah Pepaya

Buah pepaya seperti yang kita kenal selama ini dapat digunakan sebagai solusi untuk masalah pencernaan seperti sembelit atau susah BAB menjadi lancar, namun ternyata buah pepaya dapat meningkatkan jumlah trombosit dalam darah. Bahkan tidak hanya buahnya saja melainkan daun dari pohon pepaya juga dapat meningkatkan trombosit. Caranya cukup mudah yaitu merebus daun pepaya dan airnya kemudian diminum atau dapat juga dengan membuat jus pepaya untuk diminum.

Mengkonsumsi Jambu Biji

Seperti halnya pasien dengan demam berdarah yang kemudian perlu mengonsumsi jambu biji untuk menaikkan trombosit, apapun masalah kesehatan kamu dan penyebab penurunan trombosit, makan jambu biji atau jus jambu yang bisa menjadi solusi alami. Buah-buahan yang mengandung vitamin C jauh lebih tinggi daripada jeruk ini secara langsung dapat meningkatkan trombosit dalam tubuhmu..

Mengkonsumsi Minyak Wijen

Pilih minyak wijen yang kualitasnya baik, lalu konsumsi sebanyak 1-2 sendok makan sehari 2 kali. Minyak wijen dikenal sebagai cara ampuh untuk menambah trombosit dalam tubuh dan bahkan dapat mengurangi risiko peradangan, kerusakan sel karena radikal bebas dan memiliki cara efektif untuk melancarkan sirkulasi darah.

Mengkonsumsi Bayam

Salah satu makanan yang mengandung vitamin K tinggi adalah bayam di mana sayuran jenis ini tidak hanya membantu proses pembekuan darah, tetapi juga menaikkan trombosit secara alami dan efektif. Cukup dengan menyiapkan 5 daun bayam yang dapat kamu rebus dalam 400-500 ml air dan didihkan hingga setengahnya, kamu dapat meminumnya untuk menaikan trombosit cepat.

Mengkonsumsi Buah Labu

Makanan lain yang bisa menjadi penambah trombosit yang aman dan cepat adalah labu. Minum ½ cangkir jus labu segar yang juga tidak lupa kamu dapat menambahkan sesendok madu. Minumlah sehari 3 kali sambil juga melakukan cara lain sehingga trombosit dapat naik dengan cepat dalam waktu 1 hari.

Mengkonsumsi Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti kacang tanah, almond, kacang pistachio dan juga kenari.kaya akan vitamin K, fibrinogen, dan vitamin D. Kandungan gizi baik dalam makanan ini yang akan mendukung kalsium yang diserap dengan sempurna dalam tubuh dan meningkatkan jumlah trombosit.

Olahraga Rutin

Lebih sedikit olahraga dapat menjadi pemicu untuk datangnya berbagai masalah kesehatan, seperti halnya masalah turunya trombosit dalam darah. Pastikan kamu berolahraga untuk menambah kekebalan dan membuat sirkulasi darah menjadi halus. Jogging, aerobik, bersepeda, atau bahkan hanya berjalan dan melakukan peregangan bisa sangat membantu.

Menghindari Makanan Tertentu

Jika kamu ingin menaikkan trombosit dengan cepat dalam masa yang singkat, kemudian pastikan dalam sehari kamu tidak mengkonsumsi alkohol ataupun minuman dengan kandungan kafein yang tinggi, makanan ringan, makanan berminyak, serta makanan manis yang baik. Karena makanan tersebut dapat menurunkan kadar trombosit.

Istirahat Cukup

Untuk memaksimalkan hasil peningkatan trombosit dalam tubuh, kamu harus mengakhiri hari dengan cukup tidur. 8-9 jam adalah waktu yang ideal untuk beristirahat dan mendapatkan kualitas tidur yang sempurna. Ini karena ketika tubuh beristirahat dengan baik, kadar trombosit juga diproduksi lebih banyak.

Nah itulah 10 cara yang cukup efektif untuk menaikkan jumlah produksi trombosit dalam tubuh. Semoga artikel ini dapat membantu dan selamat mencoba :)

Previous Post Next Post

Berkomentarlah secara wajar dan sesuai dengan topik didalam artikel, jangan mengirim link spam pada kolom komentar.

Post a Comment (0)

Ad Blocker Detected

Tolong matikan adBlock anda karena hanya iklan yang membuat kami semangat menulis