-->

Cara Freeze Kolom di Spreadsheet Cukup 1 Menit

Saat ini google semakin canggih karena memiliki aplikasi seperti spreadsheet yang sangat membantu pekerjaan dalam mengolah data berupa angka. Jika kamu ingin membandingkan data dan sering scroll ke samping maupun ke bawah maka cukup merepotkan jika harus kembali ke halaman awal untuk melihat nama suatu kolom. Nah saat ini kamu tak perlu repot-repot karena spreadsheet sudah memiliki fitur (freeze) dalam satu atau lebih baris dan kolom agar tetap tampil di layar meskipun kamu menggulir halaman spreadsheet ke bawah.

Fitur freeze atau membekukan kolom maupun baris di google sheet dapat dioperasikan versi desktop maupun aplikasi seluler google sheet. Nah untuk cara membekukan atau freeze baris dan kolom pada spreadsheet dapat kamu simak sebagai berikut :

Cara Freeze Kolom Spreadsheet di PC Desktop

Jika kamu tengah mencari cara membekukan atau freeze kolom spreadsheet di desktop maka langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah kamu harus tau bahwa freeze hanya dapat dilakukan dengan membekukan baris dari atas ke bawah atau kolom dari kiri ke kanan. Kamu tidak bisa membekukan kolom ataupun baris dari tengah spreadsheet

Cara freeze kolom di spreadsheet
Cara Freeze Kolom di Spreadsheet -Hartomy.com

Nah dengan demikian semua data yang kamu perlukan sebaiknya berada di baris awal/ kolom lembar. Berikut cara freeze kolom untuk lebih lengkapnya :

  • Jika kamu ingin membekukan lebih dari satu baris maka klik baris paling terakhir yang ingin kamu freeze. 
  • Kemudian pilih menu “Tampilan” di bagian atas menu spreadsheet kemudian arahkan kursor ke arah “Bekukan” 
  • Maka akan muncul banyak opsi untuk membekukan atau freeze baris dan kolom.
  • Kamu dapat memilih baris atau kolom 1/2 , atau semua baris/kolom sebelum baris/kolom yang kamu pilih.
  • Jika kamu sudah menentukan maka kamu sudah dapat menggeser dan melihat baris ataupun kolom tersebut tetap terlihat di tampilan spreadsheet.
  • Selain itu kamu juga dapat membekukan atau freeze baris dan kolom secara bersamaan dan semua yang kamu berikan akan tetap terlihat.
  • Perbedaan kolom yang freeze dan tidak di freeze terlihat dengan adanya garis abu-abu di antara baris atau kolom yang di freeze.
  • Jika sudah selesai kamu dapat melepas kolom atau baris yang tadinya dibekukan dengan masuk lagi ke menu Tampilan > Bekukan dan pilih menu dengan opsi “Tidak ada baris” atau “Tidak ada kolom


Cara Freeze Kolom di Spreadsheet Lewat Mobile

Jika tadi kita sudah membahas cara freeze kolom di desktop maka saat ini kita akan memberikan tutorial cara freeze kolom di Mobile. Nah bagi kamu yang mungkin kadang buru-buru sehingga menggunakan handphone atau mobile untuk melihat suatu data seperti spreadsheet maka kamu dapat mengaktifkan fitur freeze di mobile dengan cara berikut :

cara freeze kolom di spreadsheet
cara freeze kolom di spreadsheet - hartomy.com

  • Buka spreadsheet yang ingin kamu bekukan kolom maupun barisnya
  • Ketuk tab “Sheet” pada bagian bawah.
  • Kemudian muncul dua buah opsi yang terdiri dari “Bekukan Baris” dan “Bekukan Kolom”.
  • Setelah itu pilih tanda panah atas dan bawah di sebelahnya untuk memilih jumlah baris dan kolom yang ingin kamu bekukan.
  • Jika sudah maka akan muncul garis abu-abu yang menandakan bahwa kolom dan baris sudah dibekukan atau sudah di freeze
  • Kemudian jika ingin melepas freeze maka kamu dapat mengulangi langkah yang sama dan nanti akan muncul opsi “Tidak ada baris”  atau “Tidak ada kolom”.

Nah begitulah tips untuk membekukan atau freeze kolom dan baris yang dapat dengan mudah kamu aplikasikan ketika kamu ingin membandingkan data dengan banyak baris sehingga tidak perlu untuk scroll atas bawah maupun kiri kanan.

Previous Post Next Post

Berkomentarlah secara wajar dan sesuai dengan topik didalam artikel, jangan mengirim link spam pada kolom komentar.

Post a comment (0)

Ad Blocker Detected

Tolong matikan adBlock anda karena hanya iklan yang membuat kami semangat menulis