-->

Paketmu belum sampai ? Begini Cara Melacak Paket JNE Tanpa Resi

cara melacak paket JNE
Paketmu belum sampai ? Begini Cara Melacak Paket JNE Tanpa Resi - hartomy.com

Saat ini jasa ekspedisi pengiriman paket seperti JNE tengah ramai digunakan karena maraknya sistem jual beli secara online. Penjual selaku pengirim paket akan meminta jasa ekspedisi seperti JNE untuk mengantarkan paket ke alamat pembeli. Dalam hal ini penjual akan menerima nomor resi yang biasanya dijadikan bukti kepada pembeli atau penerima paket bahwa paket yang dibeli sudah dikirim. Nah tetapi pada implementasinya masih banyak penjual online yang tidak memperhatikan hal kecil seperti nomor resi sehingga resi tidak dikirimkan ke pembeli dan akhirnya pembeli pun mengalami kesulitan saat melacak paket.

Keadaan pengiriman paket yang tidak disertai nomor resi akan membingungkan penerima paket karena penerima paket akan kesulitan saat ingin melacak paketnya sudah sampai mana atau estimasi berapa hari kira kira sampai nya. Jika kamu mengalami kesulitan melacak paket JNE tanpa resi maka kamu dapat menyimak beberapa cara berikut ini :

Cek Tanggal Pengiriman Paket

Langkah paling awal untuk melacak sebuah paket adalah kamu harus memastikan kapan paket itu dikirim. Dengan ini maka kamu dapat memastikan bahwa paket tersebut telah ada diperjalanan sekurang-kurangnya 3-5 hari kerja sebelumnya. Jadi kamu tidak perlu merasa cemas atau khawatir terlebih dahulu jika memang tenggat hari kerja masih cukup panjang. Selanjutnya pastikan bawa lokasi pengiriman paket dari kota asal dengan jarak tempuh ke lokasi kamu berada.

Kemudian kamu juga harus memastikan terlebih dahulu terkait jasa JNE apa yang digunakan untuk mengirim paket tersebut, apakah jasa JNE yang dipakai paket reguler, paket express, atau paket medium. Hal ini perlu kamu pastikan terlebih dahulu karena masing-masing jasa JNE memiliki perlakuan pengiriman paket yang berbeda beda.


Baca juga : 


Kunjungi JNE Terdekat

Langkah kedua setelah kamu memastikan tanggal pengiriman dan jasa pengiriman paket JNE yang dipilih pengirim kemudian kamu dapat mengunjungi kantor JNE terdekat jika merasa ada kejanggalan selama kamu melakukan analisa tadi. Contoh kejanggalannya apabila paket yang kamu beli sudah dikirim dan melebih 5 hari kerja sedangkan jarak kota pengirim dan lokasi kamu tidak cukup jauh maka kamu dapat memastikan langsung ke kantor JNE terdekat.

Konsultasi ke Customer Service JNE

Setelah kamu memutuskan adanya kejanggalan pada paket yang tidak ada resi nya maka kamu dapat melakukan konsultasi kepada CS JNE dengan menceritakan analisa yang telah kamu lakukan di langkah pertama tadi. Usahakan untuk menceritakan setiap detail transaksi pembelian hingga akhirnya paketmu dikirim oleh penjual. Dengan kamu berkonsultasi ke CS JNE maka pihak JNE akan membantu kamu untuk mencari informasi melalui parameter tertentu seperti penerima, nama pengirim, alamat pengirim, asal pengirim, tanggal dan waktu pengiriman.

Informasi yang kamu sampaikan kepada pihak JNE setidaknya akan membantu pihak JNE untuk melacak dimana lokasi paket yang seharusnya kamu terima. Selain itu, melalui sistem yang dimiliki oleh JNE maka petugas JNE akan dapat dengan cepat mengetahui transaksi dan memberikan nomor resi kepada kamu. Melalui nomor resi ini kamu dapat melacak keberadaan paket yang sudah dikirim penjual.

Melacak Paket JNE tanpa Nomor Resi

Langkah sebelumnya menjelaskan bagaimana cara mendapatkan nomor resi apabila kamu tidak diberi nomor resi oleh pengirim atau dalam hal ini adalah penjual. Nah kemudian saat ini kita akan membahas bagaimana cara melacak paket JNE tanpa nomor resi. Pertama-tama kamu diharapkan untuk mengunduh aplikasi my JNE terlebih dahulu di playstore atau appstore. Setelah mengunduh kamu diminta untuk melakukan registrasi terlebih dahulu. Masukkan identitas dan nomor handphone yang dicantumkan pada keterangan penerima jika kamu ingin melacak paket pada pesanan barang yang akan sampai.

Jika kamu sudah melengkapi registrasi maka kamu akan diarahkan pada kolom alamat yang harus kamu isi sesuai dengan alamat penerima pada pesanan tersebut. Setelah kamu mengisi semua informasi dengan tepat kemudian cari menu cek pesanan di bagian My Shipment maka akan akan muncul jenis pesanan yang melampirkan informasi data berupa nama, nomor hp, dan alamat yang telah kamu masukkan di awal tadi. Setelah itu kamu dapat memilih data mana yang sesuai dengan data kami dan kemudian catat nomor resi yang tertera di laman tersebut.


Baca juga : 


Setelah kamu memiliki nomor resi maka kamu dapat melacak keberadaan paket mu di aplikasi My JNE tanpa harus mendatangi kantor cabang JNE di kota mu. Saat ini segala hal dapat kamu lakukan cukup dengan menggunakan smartphone sehingga kamu tidak perlu repot untuk pergi kesana kemari.

Hubungi Pengirim Paket

Jika kamu melakukan transaksi pembelian secara online yang mana barang yang kamu beli akan diantarkan menggunakan jasa ekspedisi seperti JNE maka kamu perlu menghubungi pengirim jika memang kamu belum merasa menerima resi untuk melacak keberadaan paketmu. Menghubungi pengirim paket atau penjual sangat penting mengingat mungkin saja penjual lupa mengirim nomor resi ke kamu karena banyaknya order. Oleh karena itu setiap selesai transaksi pembelian secara onlin jangan lupa untuk meminta resi ke penjual.

Nah itu dia beberapa tips cara melacak paket tanpa resi. Memang cukup sulit apabila kamu tidak memiliki nomor resi untuk melacak paket. Namun saat ini resi atas paket yang kamu beli dapat kamu dapatkan tanpa mendatangi kantor JNE terdekat karena kamu dapat menggunakan smartphone dan melacak paket menggunakan aplikasi yang sudah disediakan oleh JNE.

Lebih baru Lebih lama

Berkomentarlah secara wajar dan sesuai dengan topik didalam artikel, jangan mengirim link spam pada kolom komentar.

Posting Komentar (0)

Ad Blocker Detected

Tolong matikan adBlock anda karena hanya iklan yang membuat kami semangat menulis