-->

10 Pertanyaan Seputar Wawancara yang Wajib Kamu Ketahui

10 Pertanyaan Seputar Wawancara yang Wajib Kamu Ketahui
Pertanyaan seputar wawancara

Berita yang paling ditunggu-tunggu oleh jobseeker yakni undangan wawancara. Wawancara menjadi tahapan paling penting bagi jobseeker maupun recruiter untuk melihat siapa diri kita, kecocokan kita dengan perusahaan bagaimana, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu tidak ada salahnya apabila kita mengikuti wawancara dengan persiapan yang matang.

Salah satu strategi untuk melalui wawancara dengan lancar yakni dengan menelaah pertanyaan-pertanyaan yang mungkin ditanyakan oleh recruiter saat wawancara. Tujuannya adalah untuk memberikan kita gambaran wawancara serta mengurangi rasa deg deg an atau was was bagi para jobseeker. 

Untuk membantu kalian mempersiapkan wawancara dengan matang, maka simaklah tanya jawab seputar wawancara kerja berikut ini :

  1. Ceritakan tentang diri anda ?

Pertanyaan ini hampir semua recruiter selalu menanyakannya. Meskipun terdengar sederhana tetapi masih banyak jobseeker yang melakukan kesalahan. Mungkin karena mereka terlalu gugup saat melakukan wawancara sehingga banyak juga diantara mereka yang justru menceritakan tentang diri mereka terlalu melebar kemana-mana. Kamu cukup meneritakan tentang dirimu dengan singkat, padat, dan jelas.


Baca Juga : Tips Membuat CV Menarik Dan Informatif Untuk HRD


Contoh “

“Perkenalkan nama saya Sintya Ayu. Saya adalah lulusan S1 Akuntansi dari Universitas Muhammadiyah Malang. Saya memiliki pengalaman kerja sebagai junior konsultan keuangan di KJA XXX selama 1 tahun dengan tanggungjawab pekerjaan menyusun laporan keuangan untuk perusahaan jasa, dagang, dan manufaktur.”

  1. Alasan keluar dari perusahaan sebelumnya?

Beberapa orang yang sebelumnya telah bekerja terkadang resign dari pekerjaan yang lama karena suatu hal. Ketika recruiter menanyakan alasan kamu keluar dari perusahaan lama tetapi usahakan kamu memberikan jawaban yang seolah-olah memburuk-burukkan perusahaan lama. Mulailah dengan kalimat positif dengan menjelaskan sedikit pengalaman dan pelajaran yang kamu dapatkan dan kamu sekarang sedang mencari pekerjaan yang dapat mengasah keterampilan dan mengembangkan kariermu.

  1. Mengapa anda tertarik dengan posisi ini ?

Pada saat wawancaranya tak jarang pertanyaan ini juga sering ditanyakan oleh recruiter. Inilah saat yang tepat untuk mengenalkan seberapa cocok dirimu dengan posisi yang ingin kamu lamar.

Contoh :

“Saya tertarik dengan posisi staff accounting di PT. ABC karena posisi ini sesuai dengan latar belakang Pendidikan dan pengalaman kerja saya.” Kamu juga dapat menambahkan kalimat yang menunjukkan ketertarikan dan ketulusanmu terhadap posisi tersebut.

  1. Mengapa anda tertarik bekerja di perusahaan ini ?

Untuk mampu menjawab pertanyaan diatas, kamu harus melakukan riset terlebih dahulu pada perusaahan yang kamu lamar. Kamu perlu menggali informasi sedalam-dalamnya ke situs situs resmi perusahaan. Cari tau tentang sejarah perusahaan, visi perusahaan, tujuan serta budaya kerja perusahaan.

  1. Apa kelebihan dan kekurangan anda ?

Pertanyaan ini ingin menilai bagaimana kamu dapat menilai kelebihan dan kekurangan mu. Tetapi perlu kamu ingat bahwa kelebihan yang kamu sampaikan adalah berkaitan dengan pekerjaan yang ingin kamu lamar, begitupun kekuranganmu. Hindari memaparkan hal-hal yang bersifat watak seperti halnya “saya orangnya pelupa dll” , kamu dapat menyampaikan kekuranganmu yang hanya berkaitan dengan pekerjaan dan usahakan setelah menyampaikan kekurangan kamu dapat menambahi dengan usahamu untuk memperbaiki kekuranganmu.

Contoh :
“Saya belum memiliki cukup banyak pengalaman dibidang pelaporan pajak perusahaan. Untuk itu saya belajar mengenai pelaporan pajak di youtube dan berencana untuk mengambil kursus perpajakan di lain waktu”.

  1. Dari mana kamu mendapatkan informasi lowongan ?

Kamu dapat menjelaskan atau menjawab pertanyaan diatas dengan jujur. Misalnya kamu mendapat informasi lowongan kerja dari Jobstreet atau dari sosial media lainnya cukup kamu jelaskan secara singkat dan jelas dalam artian tidak perlu menjabarkan keman-mana secara Panjang lebar.

Contoh :
“Saya mendapat informasi lowongan kerja dari Jobstreet atau Glints dll”

  1. Apa rencanamu 3-5 tahun kedepan ?

Terkadang HRD juga melontarkan pertanyaan diatas untuk menilai bagaimana kamu memandang kehidupan. Apakah kamu orang yang punya ambisi dan memiliki cita cita yang harus kamu capai. Pikirkan target karirmu dan pertimbangkan cara agar hal tersebut dapat tercapai.


Baca Juga : 10 Hal Penting yang Perlu Dipersiapkan Saat Wawancara


  1. Apa yang bisa meyakinkan kami untuk merekrutmu ?

Pertanyaan ini menguji bagaimana cara kamu mampu menjual skill yang kamu miliki. Kamu cukup menjelaskan hal-hal yang kamu kuasai yang tentunya berhubungan dengan posisi yang kamu lamar kemudian harapan jika kamu dilamar apa kontribusi yang dapat kamu berikan kepada perusahaan.

  1. Berapa ekspektasi gaji yang kamu inginkan ?

Pertanyaan ini terdengar cukup sensitive tetapi kamu tidak perlu bingung menjawabnya. Cukup pikirkan secara realistis kebutuhan hidupmu setiap bulan ditambah dengan tabungan dll kira kira kamu cukup diangka berapa. Namun ada yang lebih aman lagi jika kamu merasa cukup dengan gaji UMR daerah/kota setempat.

  1. Kapan kamu bisa bergabung dengan tim kami ?

Finally jika recruiter bertanya kapan kamu bisa bergabung dengan tim kami maka usahakan menjawab sesegera mungkin kamu dapat bergabung. Jika memang kamu sedang terikat dengan perusahaan lama maka jelaskan jika kamu membutuhkan sedikit waktu untuk handover pekerjaan. Tetapi berdasarkan pengalaman, biasanya perusahaan akan cenderung menerima calon karyawan yang dapat sesegera mungkin bergabung.

 

Nah itu dia kira-kira 10 pertanyaan yang mungkin ditanyakan pada saat wawancara. Mungkin ini hanya sebagian dari pertanyaan-pertanyaan umum yang mungkin sering ditanyakan oleh HRD. Persiapkan secara matang, jangan lupa berkas dan alat tulis yang mungkin kamu butuhkan saat wawancara. Share jika kamu merasa artikel ini bermanfaat bagi kamu dan orang-orang di sekitar mu.

Lebih baru Lebih lama

Berkomentarlah secara wajar dan sesuai dengan topik didalam artikel, jangan mengirim link spam pada kolom komentar.

Posting Komentar (0)

Ad Blocker Detected

Tolong matikan adBlock anda karena hanya iklan yang membuat kami semangat menulis