-->

10 Hal Penting yang Perlu Dipersiapkan Saat Wawancara

10 Hal Penting yang Perlu Dipersiapkan Saat Wawancara
Persiapan wawancara


Wawancara bagi jobseeker bukan lagi sesuatu yang baru karena tahapan ini memang menjadi salah satu step penting untuk memulai dalam meniti karir. Selain jobseeker, wawancara juga biasa digunakan di ajang seleksi beasiswa atau mendaftar kuliah.

Bagi sebagian besar orang tahap wawancara menjadi tahap yang cukup menegangkan dan tidaklah mudah untuk dilalui. Untuk itu kamu perlu memperhatikan 10 hal penting berikut ini sebelum melakukan wawancara :

  1. Mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan saat wawancara

Sebelum melakukan wawancara kerja, pastikan kamu telah mempersiapkan dokumen-dokumen yang mungkin dibutuhkan saat wawancara. Adapun dokumen tersebut biasanya terdiri dari CV, Surat Lamaran Kerja, Pas Foto 3x4, Fc. KTP, Fc. KK, SKCK, Fc. Ijazah, Fc. Transkrip Nilai dan dokumen pendukung lainnya seperti sertifikat profesi, sertifikat kejuaraan, dll.


Baca Juga : Tips Membuat CV Menarik Dan Informatif Untuk HRD


  1. Memahami profil perusahaan

Memahami profil perusahaan sebelum melakukan wawancara adalah sebuah keharusan karena pada saat wawancara recruiter tidak hanya menilai seberapa cocok kamu dengan perusahaan. Melainkan recruiter juga ingin mengetahui seberapa paham kamu terhadap perusahaan yang ingin kamu lamar. Adapun informasi profil perusahaan yang kamu ketahui diantaranya latar belakang perusahaan, misi perusahaan, jenis perusahaan, dan press release tentang perkembangan perusahaan.

  1. Mempelajari posisi serta deskripsi pekerjaan yang dilamar

Selanjutnya tips yang ketiga ini juga tidak kalah penting dengan memahami profil perusahaan. Kamu harus betul betul memahami posisi yang kamu lamar serta deskripsi pekerjaannya apa saja sehingga pada saat wawancara jika ada pertanyaan seputar ini kamu juga dapat mengaitkannya dengan pengalaman kerjamu sebelumnya.

  1. Datang tepat waktu

Ketepatan waktu dimanapun kamu berada sangatlah penting. Hal ini berlaku juga di saat kamu akan melakukan wawancara. Agar kamu dapat hadir tepat waktu maka kamu perlu memperhatikan jarak tempat tinggalmu ke tempat wawancara berapa lama. Kemudian untuk urusan wawancara ada baiknya kamu datang lebih awal 15-20 menit sebelumnya.

  1. Berpenampilan bersih, rapi, dan wangi

Syarat wajib dan mutlak berikutnya adalah penampilan. Usahakan kamu benar benar memperhatikan kebersihanmu mulai dari kebersihan pakaian hingga kebersihan badan. Selain kebersihan kamu juga perlu memperhatikan kerapian dalam berpenampilan serta kewangian.

  1. Gunakan body language

Percayalah bahwa body language dapat menunjukkan bahwa kamu orang yang cukup percaya diri dan berwawasan tinggi. Namun perlu kamu ingat pula jangan menggunakan body language yang terlalu berlebihan. Hal terpenting dalam menjaga body language salah satunya dengan menatap mata lawan bicara. Jika kamu merasa cukup gugup maka tariklah napas Panjang Panjang kemudian hembuskan sebelum kamu memasuki ruang wawancara.

  1. Kurangi menggunakan kata “ee” saat berbicara

Kata ee sering kali diucapkan saat seseorang sedang berbicara. Jika kamu memang tipikal orang yang sering menggunakan kata ee saat berbicara maka kamu perlu melatih dirimu untuk sedikit demi sedikit mengurangi penggunaan kata ee dalam berkomunikasi. Terlalu sering menggunakan kata ee membuat HRD rishi bahkan bosan.

  1. Persiapkan daftar pertanyaan yang mungkin akan di tanyakan

Hal ini perlu kamu persiapkan di awal sebelum kamu melakukan wawancara. Jika kamu memiliki pengalaman kerja maka biasanya recruiter akan cenderung menanyakan terkait pengalaman kerjamu sebelumnya. Misalnya apa tugas dan tanggungjawabmu dulu, bagaimana kamu menangani suatu permasalahan diperusahaan lama, mengapa kamu resign dari perusahaan lama, dll.


Baca Juga : 10 Pertanyaan Seputar Wawancara yang Wajib Kamu Ketahui


  1. Pastikan media social yang kamu miliki bersifat positif

Media social menjadi salah satu media yang dapat diartikan sebagai representasi diri kita. Untuk itu tidak jarang perusahaan juga akan menggali informasi tentang dirimu melalui media social. Hal ini dikarenakan perusahaan juga menginginkan karyawan yang mampu bersikap bijak baik didalam perusahaan maupun diluar perusahaan. Mengapa demikian ? tentu jawabanya karena karyawan adalah representrasi dari perusahaan sehingga perusahaan pun berharap bahwa representasinya memiliki sikap positif.

  1. Lakukan Latihan wawancara kerja

Langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan setelah mengetahui hal hal yang perlu dipersiapkan adalah Latihan. Semua ini tidak bisa instan, perlu diingat bahwa setiap pencapaian juga memerlukan proses. Maka saat terpenting sebelum melakukan wawancara adalah Latihan. Lakukan Latihan wawancara agar kamu tidak gugup dan blank saat wawancara.

Oke mungkin itu dia 10 hal penting yang perlu kamu persiapkan saat akan mengikuti wawancara. Jangan lupa istirahat yang cukup dan sempatkan sarapan sebelum berangkat. Semoga lancar dan semangat terus para jobseeker.

Lebih baru Lebih lama

Berkomentarlah secara wajar dan sesuai dengan topik didalam artikel, jangan mengirim link spam pada kolom komentar.

Posting Komentar (0)

Ad Blocker Detected

Tolong matikan adBlock anda karena hanya iklan yang membuat kami semangat menulis