-->

Wajib Coba Tips Membuat CV Menarik Dan Informatif Untuk HRD

Tips Membuat CV Menarik Dan Informatif - mediasolutif.com

Banyak sekali hingga saat ini ditemui pelamar yang masih belum memahami cara membuat CV yang menarik bagi HRD sehingga tidak jarang masih banyak para pelamar yang gagal dalam tahap seleksi CV. Sebetulnya sangat mudah membuat CV yang menarik asalkan kamu memahami tips n triknya berikut ini :

 

  1. CV harus jelas, singkat dan informatif

CV harus jelas, singkat, dan informatif artinya kamu harus sebisa mungkin memberikan informasi yang cukup singkat dan informatif di CV kamu. Hindari mencantumkan hal-hal yang tidak terlalu penting untuk diketahui banyak orang seperti halnya tinggi badan, golongan darah, dll.

Umumnya cv memiliki beberapa bagian diantaranya seperti identitas diri. Pada bagian ini kamu cukup menuliskan identitas diri kamu seperti nama lengkap, umur, alamat, no hp, email, dll. Kamu juga bisa menambahkan paragraph singkat untuk menjelaskan siapa dirimu.

Baca Juga : 10 Hal Penting yang Perlu Dipersiapkan Saat Wawancara

Contoh “Saya adalah lulusan S1 Akuntansi, memiliki kemampuan dalam menyusun laporan keuangan dan memiliki pengalaman kerja sebagai konsultan di salah satu KJA Malang dengan tugas utama menyusun laporan keuangan perusahaan jasa, dagang, dan manufaktur”. Deskripsi singkat diatas penting untuk menarik minat HRD agar mau membaca lebih lanjut tentang siapa kamu.

  1. Cantumkan pengalaman kerja yang relevan

Selain data diri, kamu juga dapat mencantumkan pengalaman kerja yang relevan dengan posisi yang akan kamu lamar. Cantumkan dengan jelas perusahaan lama tempatmu bekerja beserta bulan dan tahun masuk serta bulan dan tahun keluar.

Kamu juga dapat menambahkan tugas dan tanggungjawabmu di posisi tersebut secara singkat. Ingat CV adalah resume singkat tentang seseorang jadi kamu cukup menulisnya secara singkat dan jelas.

  1. Pilih kata-kata yang memiliki power

Pada dasarnya dalam membuat cv terbaik yaitu dengan memilih kata-kata terbaik agar mampu menarik minat recruiter. Kamu dapat menggunakan kata kata yang memiliki power seperti misalnya dari pada menggunakan kata “pekerja keras” lebih baik menggunakan kata “kreatif” karena kata pekerja keras cukup banyak digunakan sehingga terkesan membosankan bagi HRD.

Baca Juga : 10 Pertanyaan Seputar Wawancara yang Wajib Kamu Ketahui

  1. Gunakan design yang simple

Design cv yang simple memudahkan recruiter untuk dapat menangkap informasi secara jelas pada cv mu. Hindari menggunakan banyak ornament atau objek-objek tertentu saat mendesign cv mu. CV yang terlalu ramai terkesan sukar dan kemungkinan besar jarang dibaca oleh recruiter. Ingat yang terpenting adalah first impression , jadi buat recruiter tertarik dengan memilih design yang simple tapi tetap menarik.

  1. Pilih font professional

Font professional adalah pilihan yang tepat untuk membuat cv karena font ini memiliki karakteristik yang cukup tegas dan jelas. Hindari menggunakan banyak font berbeda-beda atau hindari menggunakan font yang unik dan tidak professional.

  1. Cantumkan kontak yang aktif

Informasi mengenai kontak sangatlah penting karena melalui informasi inilah recruiter akan menghubungimu jika dia tertarik dengan cv mu. Untuk itu usahakan mencantumkan kontak yang aktif seperti halnya nomor handphone maupun alamat email. Khusus alamat email, usahakan alamat email sopan dan jelas artinya hindari menggunakan alamat email dengan nama alias atau semacamnya. Setelah mengisi kontak maka kamu perlu memastikan bahwa kontak tersebut telah tercantum dengan benar dan tidak ada yang typo.

  1. Tonjolkan skill, pengalaman, dan prestasi dengan jelas dan singkat

Bagian ini cukup penting untuk dicantumkan dalam cv kamu. Dalam mencantumkan skill kamu cukup mencantumkan skill yang memang relevan dengan posisi yang ingin kamu lamar. Begitupun dengan pengalaman, kamu hanya perlu mencantumkan pengalaman yang relevan dengan bidang atau posisi yang ingin kamu lamar. Selanjutnya untuk prestasi, cukup cantumkan dengan jelas prestasi yang kamu dapat serta nama ajang prestasi tersebut. Hindari menggunakan kata kata yang terkesan menyombongkan diri.

 

Nah itulah tips singkat membuat cv menarik dan informatif yang dapat kamu coba. Semoga artikel ini dapat membantu kamu yang sekarang sedang berjuang mencari pekerjaan. Jangan lupa share apabila kamu merasa artikel ini bermanfaat bagi orang disekitarmu.

Lebih baru Lebih lama

Berkomentarlah secara wajar dan sesuai dengan topik didalam artikel, jangan mengirim link spam pada kolom komentar.

Posting Komentar (0)

Ad Blocker Detected

Tolong matikan adBlock anda karena hanya iklan yang membuat kami semangat menulis