-->

10 Aplikasi Trading Saham OJK Terupdate 2021

Harga saham yang ada di pasar modal selalu dipantau oleh para investor dalam melakukan aktivitas jual beli saham. Trading saham sendiri nampaknya akan menjadi suatu trend dikalangan anak muda saat ini. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya konten kreator yang membahas saham dari kalangan anak muda. Saat ini investasi saham sendiri menjadi sangat mudah dan cepat karena dilakukan secara online. Selain itu setiap orang juga berhak untuk turut berpartisipasi dalam aktivitas jual beli saham. 

Investasi trading saham sendiri membutuhkan aplikasi yang dapat dengan mudah dioperasikan. Pada kesempatan ini kita akan membahas tentang 10 Aplikasi trading saham terbaru 2021 yang pastinya sudah dalam naungan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dengan adanya aplikasi trading saham maka investor dapat dengan mudah melakukan transaksi jual beli saham. Selain itu pada setiap aplikasi umumnya juga menyediakan fitur untuk analisis fundamental saham, analisis teknikal, hingga ke tahap eksekusi jual atau beli.

Aplikasi trading saham
Aplikasi trading saham - Hartomy.com


Berikut 10 Aplikasi Trading Saham OJK Terupdate 2021 : 

Indopremier IPOT

IPOT merupakan salah satu aplikasi trading saham yang digunakan oleh banyak kalangan karena aplikasi ini mendorong nasabah melalui training dan seminar untuk berinvestasi pada saham di jangka panjang.

Adapun ketentuan jual beli saham di Indopremier IPOT adalah sebagai berikut :

  • Tidak diharuskan deposit atau tidak ada minimal deposit, jika akan melakukan transaksi baru deposit maka diperbolehkan
  • Fee jual saham yang dibagikan ke Indopremier IPOT 0,29% per transaksi dan 0,19% per fee beli saham per transaksinya.

Meskipun fee pada aplikasi trading saham yang satu ini sedikit mahal tetapi kamu dapat memiliki beberapa hal bagus berikut :

  • Tidak ada minimal deposit saat pertama buka akun saham. Deposit baru disarankan jika kamu akan memulai trading saham sebesar nilai saham yang ingin kamu beli.
  • Daftar akun sangat mudah karena dapat dilakukan secara online. Anda tidak perlu tatap muka atau datang ke kantor cabangnya langsung
  • Akan ada CS Online yang siap selama jam kerja untuk melayani pertanyaan dan membantu menyelesaikan masalah
  • Fitur-fitur yang ada di aplikasi IPOT ini sangat banyak dan mudah untuk digunakan oleh para investor.
  • Aplikasi IPOT ini memiliki integrasi dengan Reksadana sehingga uang yang tidak diinvestasikan dialihkan ke rekening sementara reksadana dan akan dialihkan ke rekening saham jika dibutuhkan.
  • Fitur terbaru yang tak kalah menarik dari IPOT adalah fitur Robo Trading yang secara sistematis dapat di setting untuk menjalankan seluruh instruksi jual dan beli pada saham dengan harga yang telah di setting terlebih dahulu sebelumnya.

Kamu juga tidak perlu khawatir tentang keamanan aplikasi ini karena aplikasi IPOT ini sudah resmi terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan nama INDO PREMIER SEKURITAS.

Stockbit

Aplikasi yang tidak kalah menarik untuk trading saham yakni aplikasi Stockbit. Berbeda dengan aplikasi trading lainnya, aplikasi ini dulunya adalah komunitas forum yang membahas tentang investasi saham atau dalam istilah kerennya disebut juga dengan “Social Trading”. Forum komunitas saham dapat dikatakan penting karena pemain saham perlu untuk bertukar informasi, berbagi rekomendasi, dan bocoran soal emiten-emiten saham. Adapun 3 bagian dalam Stockbit yang cukup baik untuk kamu perhatikan yaitu :

  • Forum Chatting, forum chatting pada aplikasi ini sangat bermanfaat sekali karena dapat memberikan informasi first hand yang cukup menarik.
  • Data Saham yang komprehensif, fundamental, dan teknikal yang sangat baik dan disajikan pada aplikasi Stockbit ini sehingga investor dapat dengan mudah melakukan analisis sebelum membeli atau menjual sahamnya.
  • Fasilitas untuk jual beli saham, terkait hal ini stockbit bekerjasama dengan Sinarmas Sekuritas mengingat stockbit sendiri sejatinya hanya sebuah platform yang tidak memiliki izin jual beli saham sehingga bekerjasama dengan Sinarmas Sekuritas.

Most Mandiri

Selanjutnya ada aplikasi trading terbesar di Indonesia yang disebut Most Mandiri. Aplikasi Most Mandiri ini memiliki keunggulan pada user interface yang cukup mudah dan nyaman  untuk digunakan oleh semua investor. Aplikasi trading saham MOST Mandiri ini adalah aplikasi trading saham dari Mansek. Mansek sendiri adalah milik pemerintah sehingga salah satu modalnya paling kuat. Tetapi sebelum kamu memilih aplikasi ini ada baiknya untuk memperhatikan 3 hal berikut :

  • Terdapat minimal setoran awal untuk pembukaan akun yakni mahasiswa minimal Rp. 2.000.000, umum minimal Rp. 5.000.000 dan full service Rp. 100.000.000
  • Most mandiri memiliki minimal fee beli atau jual Rp. 5.000 berapapun kecilnya transaksi tersebut
  • Sementara fee saham nya sebesar 0,28% per transaksi dan fee beli saham  0,18% per transaksi.

Meskipun Most Mandiri sedikit lebih mahal dibandingkan aplikasi trading saham lainnya tetapi aplikasi ini memberikan banyak kelebihan antara lain yaitu :

  • Pendaftaran dapat dilakukan secara online cukup dengan menyiapkan e-KTP  dan NPWP.
  • Produk investasi pasar modal yang dimiliki mandiri sekuritas cukup lengkap diantaranya : saham konvensional, saham syariah, reksadana, obligasi dan SBN, serta emisi IPO.
  • Koleksi reksadana di MOST sangat lengkap karena reksadana yang ditawarkan tidak hanya oleh mandiri investasi saja tetapi dari manajer investasi yang lain.
  • Aplikasi Most Mandiri juga menawarkan fasilitas training di kelas secara tatap muka yang komprehensif dan terbagi menjadi 3 level pemahaman yang sesuai dengan nasabah.
  • Akses terhadap hasil riset serta update perkembangan pasar setiap harinya.

Begitulah layanan yang diberikan oleh MOST Mandiri yang dapat kamu jadikan pertimbangan dalam memilih aplikasi trading. Selain itu kamu juga tidak perlu khawatir karena aplikasi ini sudah mendapat izin usaha resmi dari manajer investasi dan penjamin emisi efek.

BNI Sekuritas

BNI sekuritas adalah salah satu sekuritas milik BUMN yang kini melakukan perubahan cukup signifikan dengan mengeluarkan aplikasi bernama BIONS dengan tampilan yang lebih baru, lebih bersih serta mudah diaplikasikan. Aplikasi ini berbeda dengan aplikasi BNI sebelumnya karena BIONS memiliki akuntrial sehingga nasabah atau user bisa mencoba tanpa menggunakan uang. Akun trial ini penting untuk get familiar dengan cara kerja aplikasi sehingga nasabah atau user baru yang pertama kali mencoba bermain saham dapat belajar terlebih dahulu mekanisme penggunaannya.

Adapun fitur aplikasi BIONS ini cukup lengkap yang terdiri dari watchlist, sector trade, research, fundamental, automatic order, automatic order list, corporate action, serta berita-berita dengan informasi terkini. Selain itu kamu juga perlu memperhatikan ketentuan perdagangan saham di BNI Sekuritas yakni setoran minimal Rp. 1.000.000 (Hybrid Rp. 5.000.000). Untuk akun online syariah fee belinya 0.15% , fee jualnya 0,25%. Sedangkan untuk akun reguler fee belinya 0,17% , fee jualnya 0,27%. Kemudian untuk akun Hybrid Reguler fee belinya 0,27% dan fee jualnya 0,37%.

Sinarmas

Sinarmas merupakan aplikasi trading saham dengan fitur yang cukup menarik dengan ketentuan penting berikut ini :

  • Tersedia tiga pilihan RDN : Bank sinarmas, bank niaga, dan bank BCA
  • Fee online trading untuk beli adalah 0,15% dan untuk jual 0,25%.
  • Akun hanya reguler, belum ada akun syariah.
  • Deposit minimal Rp. 500.000,-.

Fitur lengkap serta tampilan yang mudah membuat sinarmas juga menjadi pilihan untuk trading saham. Salah satunya yakni pada bagian user interfacenya. Pada bagian ini menjadikan isian yang cukup lengkap dan desain aplikasi Sinarmas yang simple serta user friendly. Fee yang dipatok pun cukup rendah dan terhubung pada Stockbit yang dapat dijadikan pertimbangan oleh user bingung ingin menggunakan sinarmas atau stockbit. Jangan khawatir soal legalitas aplikasi ini karena aplikasi sinarmas ini sudah terdaftar di bursa efek indonesia dan diawasi oleh OJK dengan nama member SINARMAS SEKURITAS.

CIMB

CIMB adalah salah satu aplikasi trading saham yang memiliki riset yang cukup bagus dan komprehensif secara gratis. RIset CIMB jauh lebih bagus jika dibandingkan dengan aplikasi-aplikasi trading lainnya karena riset di CIMB digarap dengan serius dan mencakup tidak hanya soal individual saham tetapi juga riset soal ekonomi dan sektor-sektor lainnya. 

Jika kamu tertarik dengan analisis fundamental, riset yang ada di CIM akan sangat membantu memberikan insight soal kinerja perusahaan dan prediksi saham di masa depan.

Selain itu saat ini CIMB juga mengembangkan aplikasi untuk investor ritel yang dapat dilakukan secara online pendaftarannya meskipun harus mengirimkan hardcopy setelah pengisian data di aplikasi. Aplikasi CIMB dapat kamu operasikan tidak hanya via ponsel saja tetapi juga dapat kamu akses lewat internet. Untuk melakukan pendaftaran pada aplikasi CIMB tidak sepenuhnya online karena nasabah diharuskan untuk mengisi formulir pendaftaran dan menyampaikan dokumen, tanda tangan basah, dan mengirimkan dokumen serta formulir CIMB dengan menemui pihak CIMB saat tanda tangan pembukaan rekening dilakukan, Ada satu hal lagi yang perlu kamu perhatikan jika ingin membuka rekening untuk trading saham di CIM, yakni soal ketentuan transaksi saham di CIMB dima fee belinya 0, 18% dan fee jualnya 0,28% dengan minimum deposit Rp. 1.000.000. Selain itu CIMB juga memiliki fitur SMART Order yang berfungsi untuk buy dan sell order.

Mirae HOST

Mirae merupakan salah satu aplikasi sekuritas yang belakangan ini cukup populer di kalangan saham karena dilihat dari frekuensi transaksi yang cukup tinggi di BEI. Sistem pada aplikasi trading saham di Mirae HOST ini tersedia dua jenis yakni HOST untuk PC Laptop dan NEO HOST untuk ponsel. Meskipun belakangan ini aplikasi Mirae HOST cukup populer kamu jangan langsung ikut-ikutan sebelum tau dulu ketentuan perdagangan saham di Mirae HOST yang mana fee untuk jual sahamnya sebesar 0,25% dan fee untuk beli saham nya 0,15%. Kemudian minimum deposit di aplikasi trading saham Mirae ini adalah Rp. 10.000.000., Pada aplikasi ini nasabah memiliki 4 pilihan bank untuk membuka rekening dana nasabah sehingga nasabah memiliki cukup banyak akses untuk mentransfer uangnya. 

Ketentuan minimal deposit pada aplikasi ini memang cukup besar karena jika dibandingkan dengan beberapa aplikasi trading saham lainnya yang banyak menawarkan tanpa minimal deposit. Namun dari beberapa testimoni orang yang menggunakan aplikasi ini banyak yang merasa puas dengan pelayanan tim marketing dan analisis teknikal yang ditawarkan MIrae karena secara keseluruhan sangat membantu nasabah. Sehingga tidak heran jika Mirae menjadi aplikasi trading saham yang cukup populer saat ini.

Philips POEM

Philips POEM merupakan salah satu aplikasi trading saham yang memungkinkan seorang investor untuk bermain saham tanpa perlu mendownload aplikasi karena dapat dilakukan di browser. Meskipun demikian deposit di POEM untuk membuka rekening di aplikasi ini yakni RP. 500.000. Selain itu rekening dana nasabah (RDN) yang disediakan adalah BCA, Mandiri, Permata dan Sinarmas. Ketentuan perdagangan di POEM untuk fee jual sahamnya adalah 0,30% dan untuk fee beli sahamnya 0,20% disamping itu minimal depositnya adalah Rp. 500.000.

Fee yang dipatok Philips POEM ini relatif lebih tinggi jika dibandingkan dengan sekuritas lainnya. Namun Philips POEM menyediakan fitur CS yang terhubung ke nomor whatsapp sehingga diskusi ataupun tanya jawab relatif lebih mudah dilakukan.

Kamu juga perlu mengetahui beberapa fitur di aplikasi Philips POEM antara lain :

  • Stock Filter yang dapat menampilkan hingga 3 kategori sekaligus yakni analisis teknikal, fundamental dan cablestick. Hal ini tentunya akan sangat membantu sekali dalam memilih saham dengan tingkat efisiensi berdasarkan kriteria yang sudah kita tentukan sebelumnya.
  • Selain itu aplikasi Philips POEM ini memiliki kerjasama dengan sekolah pasar modal di BEI sehingga setelah selesai sekolah bisa langsung mendaftar di Philips POEM.
  • Kemudian Philips POEM juga menyediakan training dalam bentuk Phillip Webinar yang biasanya diselenggarakan selama 3 kali dalam seminggu setiap jam 8 pagi di hari rabu, kamis dan jumat dengan durasi kurang lebih 30 menit.

Salah satu fitur lainnya yang sangat menarik dan dapat kamu jadikan sebagai bahan pertimbangan kamu dalam memilih aplikasi trading saham yakni adanya fitur SMARTPlan Saham yang memungkinkan seseorang untuk membeli saham secara rutin berdasarkan kriteria yang sudah ditentukan oleh nasabah itu sendiri sebelumnya. 

MNC

Deretan aplikasi trading saham selanjutnya adalah MNC Sekuritas dimana salah satu anak perusahaan MNC Group yang berdiri pada tahun 1989 dan berada di bawah PT MNC Kapital Indonesia Tbk ini juga mendirikan aplikasi trading saham online konvensional yang disebut dengan MNC Trade New sementara untuk investasi saham syariah dinamai dengan MNC Trade Syariah. Adapun untuk ketentuan perdagangannya sendiri MNC Sekuritas mematok fee beli sekitar 0,18% dan fee jual sekitar 0,28% dengan minimal fee Rp. 10,000 serta setoran minimum Rp. 100.000.

Jika kamu tertarik untuk memilih aplikasi MNC ini sebagai aplikasi untuk trading saham maka kamu dapat membuka pembukaan rekening di MNC secara online dengan cara yang cukup mudah. Namun hanya pemilik rekening BCA saja yang dapat melakukan pembukaan akun secara online di MNC Sekuritas. 

RHB Indonesia

Aplikasi trader berikutnya yang tidak kalah populer adalah RHB Indonesia dimana target investornya adalah investor ritel dengan ketentuan fee jual saham sebesar 0,25% dan fee untuk beli saham sebesar 0,15% dengan minimum deposit yaitu Rp. 100.000. Jika kamu menggunakan aplikasi ini untuk trade saham maka kamu bisa memakai tia pilihan rekening dana nasabah diantaranya BCA, permata, dan panin. Kamu juga dapat menikmati fitur ARO (Assisted RObo Optimization) yang memberikan 3 pelayanan berikut ini :

  • ARO Signal memberikan informasi saham yang sedang trending di pasar dengan signal BULL, HOLD, dan BEAR sehingga pengguna dapat mengetahui saham apa yang lagi HOT di pasar modal.
  • ARO Library yang berisi indikator serta parameter tambahan yang lebih detail untuk melihat informasi saham dengan disertai notifikasi sehingga trader dan investor bisa memiliki trading plan yang cukup lengkap dan up to date dalam mengambil keputusan saat bertransaksi
  • Real Time Notification yaitu informasi data harga saham secara real time pada saat jam kerja di bursa efek.

Dengan adanya fitur trading yang demikian maka akan memudahkan pada nasabah dalam memantau pergerakan harga saham serta menganalisisnya secara real time.

Previous Post Next Post

Berkomentarlah secara wajar dan sesuai dengan topik didalam artikel, jangan mengirim link spam pada kolom komentar.

Post a Comment (0)

Ad Blocker Detected

Tolong matikan adBlock anda karena hanya iklan yang membuat kami semangat menulis