-->

Kenali Gejala Dari Susah Tidur Malam Beserta 7 Tips Mengatasinya

Kenali Gejala Dari Susah Tidur Malam Beserta 7 Tips Mengatasinya

    Jam kerja yang terlalu sibuk seringkali membuat seseorang kurang tidur hingga akhirnya terbiasa dengan hal ini. Bagi sebagian orang terkadang mengalami gejala susah tidur dimalam hari. Padahal tidur yang cukup sangat diperlukan bagi tubuh manusia. Oleh karena itu anugerah terbesar bagi seseorang yang memiliki waktu cukup untuk tidur. Bagi seseorang yang mengalami kesulitan tidur malam tentunya akan mengalami rasa kurang bergairah dan konsentrasi yang menurun. Ini dapat terjadi ketika tubuh kita belum cukup beristirahat dan dipaksa untuk terus bekerja.

{tocpost} $title={Daftar Isi}

    Susah tidur disebut juga dengan istilah insomnia. Tetapi perlu kamu ketahui bahwa insomnia sendiri pada dasarnya memiliki arti yang lebih dari itu. Insomnia dapat diartikan sebagai seuatu kondisi dimana seseorang sulit untuk memulai tidur, sulit untuk tetap terjaga dalam tidurnya, atau terlalu cepat bangun dari tidurnya, serta susah untuk kembali tidur. Bagi kamu yang merasa sulit untuk memulai tidur padahal susah untuk memulainya. Yuk kenali penyebab susah tidur beserta tips untuk mengatasinya berikut ini !


5 Penyebab Sesorang Mengalami Susah Tidur atau Insomnia :

  1. Stress

Stress dapat berpengaruh pada kualitas tidur. Terkadang mata mengantuk tapi susah tidur salah satu penyebabnya adalah karena kamu stress. Ketika seseorang sedang stress maka pikiran akan aktif berpikir di malam hari. Hal ini terjadi karena mungkin kamu sedang banyak pikiran sehingga anda terjaga dimalam hari dan membuat anda susah tidur malam.

  1. Jadwal Full

Jadwal keseharian yang terlalu full atau padat akan mempengaruhi porsi tidur seseorang. Jika dibiasakan hal ini tentunya akan mempengaruhi kualitas tidur kami yang kurang sehingga kamu akan mudah sakit akibat tubuh yang kurang istirahat atau bisa juga karena kamu terbiasa lembur sehingga susah tidur dihari weekend.

  1. Kebiasaan Waktu Tidur yang Kacau

Selain mampu mengatur waktu atau jadwal keseharian kita, kita juga perlu memperhatikan waktu tidur yang pas. Maksud dari waktu tidur yang kacau adalah ketika kamu terbiasa tidur disiang hari karena dimalam hari kamu terbiasa begadang. Hal ini akan mempengaruhi kesehatanmu juga kondisi sosialmu karena disiang hari normalnya manuisa melakukan interaksi sosial.

  1. Hamil

Hamil merupakan salah satu faktor yang mungkin menjadi penyebab kamu susah tidur. Hal ini tidak heran karena seseorang yang hamil biasanya akan mengalami gejala susah tidur. Susah tidur saat hamil umunya dapat terjadi saat umur kandungan masih muda. Susah tidur saat hamil muda sering dialami oleh ibu-ibu diluar sana. Terkadang pada masa ini seseorang juga merasakan gejala susah tidur dan sering buang air kecil. Selain itu susah tidur saat hamil trimester 2 juga dapat terjadi pada ibu hamil yang tengah memasuki usia kandungan pada trimester ke 2. Susah tidur saat hamil trimester 3 pun juga dapat terjadi. Gejala-gejala ini tentunya berbeda setiap orang.

  1. Kemungkinan Adanya Penyakit

Selain beberapa penyebab diatas, susah tidur juga dapat mengindikasikan seseorang memiliki atau menderita penyakit tertentu yang diderita. Jika kamu merasa sudah mengikuti tips berikut ini tetapi masih saja mengalami gejala kurang tidur maka ada baiknya kamu konsultasi ke dokter.


7 Tips Mengatasi Gejala Susah Tidur

Nah itulah penyebab-penyebab dari gejala susah tidur. Selanjutnya kita akan membahas tips untuk mengatasi gejala susah tidur malam berikut ini :

  1. Atur Jadwal Tidur Teratur

Mengatur jadwal tidur sangat penting agar waktu tidurmu dapat terjadwal secara teratur. Terkdang karena kita terlalu sibuk membuat kita merasa abai akan hal ini. Ketika jadwalmu cukup padat maka setidaknya cobalah untuk mengatur jadwal tidur yang cukup agar kamu dan tubuhmu sealu fresh di pagi hari.

  1. Kurangi Tidur Siang

Tidur siang yang terlalu lama akan membuat jadwal tidurmu kacau. Ketika kamu terlalu banyak tidur siang maka di malam hari kamu akan terjaga. Hal ini tentunya akan berpengaruh pada kesehatan serta kondisi pskis sesorang.

  1. Bangun Lingkungan Tidur yang Baik

Lingkungan tidur yang baik maksudnya adalah berusaha untuk menciptakan tempat tidur yang nyaman. Hal ini dapat dilakukan dengan memperhatikan hal-hal kecil di kamar mu seperti rutin mengganti sprei dan sarung bantal, mencuci selimut, atau bahkan membersihkan diri sebelum tidur juga dapat membangun lingkungan tidur yang baik.

  1. Olahraga Teratur

Olahraga dikenal memang memiliki banyak sekali manfaat pada tubuh manusia. Luangkan waktu yang cukup untukmu berolahraga secara rutin untuk membantu kamu terhindar dari stress. Kamu dapat melakukan olahraga di sore hari sekaligus menikmati pemandangan senja sehingga fikiranmu menjadi rileks.

  1. Kurangi Mengkonsumsi Kafein

Tips berikutnya agar kamu dapat tidur dengan nyenyak salah satunya dengan mengurangui atau bahkan menghindari kafein. Efek dari kafein yang biasanya terkandung dalam kopi akan bertahan hingga 24 jam sehingga akan mengganggu proses tidur sesorang. Kamu dapat mengganti kebiasaan mengkonsumsi kafein dengan hal lain yang lebih bermanfaat seperti mengkonsumsi susu.

  1. Hindari Merokok

Merokok selain memiliki dampak buruk bagi tubuh manusia ternyata juga merokok pada dasarny dapat membuat seseorang susah tidur, ketika tidur sering terbangun, atau gangguan tidur lainnya.

  1. Kurangi Penggunaan HP

Hp atau gadget merupakan alat wajib manusia jaman sekarang. Segala hal dapat kita jangkah hanya dengan sekali klik makanya tidak heran jika seseorang merasa kecanduan untuk menggunakan hp sebelum tidur. Hal ini perlu kamu ubah ya, karena kebiasaan ini nih yang mengindikasikan kamu jadi susah tidur, yaitu karena kamu terlalu asik dengan sesuatu di hp hingga tidak sadarkan diri bahwa waktu sudah lewat tengah malam.

Nah itulah penyebab serta tips mengatasi gejala susah tidur. Kebiasaan susah tidur memang banyak dialami oleh sebagian orang. Hal ini tidak dapat serta merta diremehkan karena kebiasaan tidur yang buruk akan berpengaruh buruk pada kesehatanmu loh. Yuk jaga pola hidup sehat dengan tidur secara teratur 😊

Lebih baru Lebih lama

6 Komentar

  1. warda lestari

    saya banget itu susah tidur..mengurangi kafein (kopi ) malah berefek kepala sakit

    Replay
    • Admin

      Memperbanyak minum air putih bisa mengurangi kandungan kafein di dalam tubuh bunda, jika dibiasakn meminum air putih insyaallah bisa menyehatkan tubuh selalu😊.

  2. JAYA PURNAMA

    wah.. kebetulan saya ini susah tidur tidur malam.. apalgi kalo lagi fokus ngerjain sesuatu.. informasinya membantu kak🙏

    Replay
  3. Pirate King

    Wah tipsnya akan saya coba ah, semoga gak susah tidur lagi

    Replay
    • Admin

      Selamat mencoba kak, tidur tepat waktu dan bangun tepat waktu itu mrmbuat tubuh lebih bugar dan sehat

Posting Komentar

Berkomentarlah secara wajar dan sesuai dengan topik didalam artikel, jangan mengirim link spam pada kolom komentar.

Posting Komentar (6)

Ad Blocker Detected

Tolong matikan adBlock anda karena hanya iklan yang membuat kami semangat menulis