-->

11 Cara Menghilangkan Panu Sampai ke Akarnya Dengan Alami, Cepat, dan Efektif

 

Menghilangkan panu

Kamu mungkin akan merasa tidak percaya diri dengan adanya panu yang muncul di badanmu. Tapi kamu tidak perlu khawarir karena kali ini kita akan mengulas cara menghilangkan panu yang dijamin ampuh dengan bahan alami yang ada disekitarmu. Panu adalah kondisi dimana kulit berubah warna menjadi kontras, kondisi ini mungkin dapat menyerang wajah. Panu atau dalam istilah obat Tinea versicolor adalah suatu kondisi yang disebabkan oleh jamur. Gejala yang muncul ketika seseorang memiliki panu adalah penampilan bintik-bintik putih pada kulit dan sering merasa gatal, sehingga harus tergores.

{tocpost} $title={Daftar Isi}

Meskipun Panu identik dengan bintik-bintik putih pada kulit, warna noda yang terjadi tidak selalu putih. Kadang-kadang, panu bisa berwarna cokelat, merah, dan hitam, tergantung pada kulit. Panu berbeda dari jerawat yang bisa menonjol, seseorang yang memiliki wajah yang terlihat putih pun akan berbeda dari warna kulit asli. Panu akan terasa sangat gatal saat berkeringat.

Panu dapat disebabkan oleh jamur Malaszia. Jamur tidak menyebabkan bahaya dan serangan umum kulit manusia. Meski begitu, penyakitnya tidak menular pada orang lain. Bintik-bintik kulit ini dapat meningkat seiring waktu jika pertumbuhan jamur tidak dapat dikontrol. Ketika semakin buruk, gatal menjadi lebih buruk dan menyebabkan kulit merasa kasar dan bersisik.

 

Kenali Gejala Panu

Ada beberapa tanda yang harus Anda perhatikan karena gejala penyakit panu tidak begitu terlihat dan dirasakan. Satu gejala yang harus Anda alami adalah gatal. Gatal ini sama dengan gatal-gigitan nyamuk. Selain gatal, ada gejala lain yang harus Anda ketahui, seperti:

  • Area kulit gatal berubah pink atau cokelat,
  • Area gatal menjadi kering dan bersisik, juga
  • Nanah keluar dari kulit jika tergores terlalu sering.

 

Cara Menghilangkan Panu Sampai ke Akarnya Dengan Bahan Alami 


Cara Menghilangkan Panu Dengan Kunyit

Kunyit dapat digunakan untuk membasmi panu. Konten volatil yang dimiliki oleh kunyit dapat bermanfaat sebagai anti-inflamasi. Selain itu, konten curcumin di dalamnya juga merupakan antioksidan yang mampu mengatasi penyebab radikal bebas panci.


Baca Juga 


Cara menggunakannya: Tumbuk kunyit halus dan tetap pada bagian dari jamur yang terinfeksi. Kemudian diamkan selama 15 menit dan bilas dengan benar-benar menggunakan air hangat.

 

Cara Menghilangkan Panu Dengan Lengkuas

Lengkuas atau galangalmerupakan salah satu bahan alami yang dapat diproses menjadi obat untuk penderita panu. Kandungan Galangal terdiri dari natrium, besi, vitamin A, vitamin C, dan lainnya yang baik untuk kesehatan tubuh. Senyawa galangal dapat menghambat oksida dan produksi lipopolysaccharides. Cara menggunakannya cukup dengan memotong lengkuas, lalu gosok ke area Panu selama 5 menit dan lakukan dua kali sehari.

 

Cara Menghilangkan Panu Dengan Lidah Buaya

Lidah buaya dikenal sebagai salah satu tanaman yang mampu mengobati masalah panu di wajah karena memiliki sifat antiinflamasi. Sifat ini dapat membantu menghentikan jamur  yang tumbuh karena senyawa dingin di kulit mu.

Kamu dapat mengambil daging lidah buaya yang telah dibersihkan lalu mengoleskannya pada area yang terkena panu. Diamkan kurang lebih selama 10 menit agar meresap. Kemudian bilas dan bersihkan dengan air hangat. Lakukan secara rutin minimal 2 hari sekali.

 

Cara Menghilangkan Panu Dengan Bawang Putih

Bahan alami yang satu ini sangat mudah sekali kamu temui di rumahmu. Bawang putih memiliki kandungan allicin, dan antioksidan yang dapat menjadi zat biologis yang berguna sebagai antibakteri sehingga ampuh untuk membasmi jamur pada panu. Caranya mudah sekali, kamu cukup dengan membelah bawang putih menjadi dua bagian dan menggosokkannya ke area yang terkena panu.

 

Cara Menghilangkan Panu Dengan Jeruk Nipis

Kamu dapat menghilangkan panu dengan jeruk nipis karena jeruknipis mempunyai senyawa antioksidan yang berfungsi melindungi tubuh dari radikal bebas. Selain itu jeruk nipis juga memiliki kandungan asam sitrat dan vitamin C yang juga berguna dalam membasi jamur pada panu.

Caranya cukup mudah yaitu dengan mencampur perasan air jeruk nipis dengan belerang karena belerang mengandung zat keratolitik yang juga bermanfaat untuk membasmi jamur akibat panu. Campur kedua bahan tersebut hingga menjadi krim lalu oleskan pada daerah yang terkena panu dan diamkan hingga cukup kering lalu bilas menggunakan air hangat.

 

Cara Menghilangkan Panu Dengan Tea Tree Oil

Tea tree oil disebut juga dengan minyak pohon teh yang dipercaya mampu menghilangkan masalah panu pada kulit Minyak ini memiliki sifat anti jamur sehingga bermanfaat dalam proses menghambat pertumbuhan jamur. 

Caranya cukup mudah yaitu dengan mengoleskan minyak tea tree oil ke daerah yang terkena panu lalu diamkan beberapa saat hingga meresap kering kemudian bilas dengan air hangat.

 

Cara Menghilangkan Panu Dengan Yogurt

Yogurt mungkin sejauh ini hanyalah sebuah makanan bagi kamu yang belum mengerti manfaat lebihnya. Kamu dapat menghilangkan masalah panu dengan bahan yang satu ini karena pada yogurt polos atau tida berperasa memiliki kandungan probiotik yang dapat memperlambat pertumbuhan jamur. Kamu cukup mengoleskan yogurt ke area yang terinfeksi jamur panu lalu diamkan selama kurang lebih 20-30 menit dan bilas dengan air hangat.

 

Cara Menghilangkan Panu Dengan Cuka Apel

Cuka apel dkenal memiliki kandungan antimikroba yang cukup tinggi sehingga membantu meredakan infeksi jamur pada kulit tubuhmu. Caranya sangat mudah yaitu dengan mengoleskan cuka apel ke daerah yang terinfeksi jamur panu lalu diamkan beberapa saat hingga mengering dan kemudian bilas menggunakan air. Lakukan hal ini selama kurang lebih 3 hari sekali dalam 1 bulan.

 

Cara Menghilangkan Panu Dengan Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh juga dapat kamu jadikan alternatif untuk mengobati masalah panu pada kulit. Pasalnya belimbing wuluh memiliki sifat anti jamur yang dapat bermanfaat untuk membasmi jamur yang mengakibatkan panu. 

Caranya cukup mudah yaitu dengan mengambil belimbing wuluh yang sudah bersih kemudian belah dua bagian dan usapkan bagian dalam nya ke seluruh daerah yang terinfeksi panu. Lakukan selama kurang lebih lima menit dan tunggu hingga mengering.

 

Cara Menghilangkan Panu Dengan Minyak Oregan

Minyak oregano adalah minyak yang berasal dari bunga dan daun yang dikenal memiliki kandungan carvacrol sehingga dapat membasmi dan mengurangi infeksi jamur yang mengakibatkan panu. Cara menggunakannya cukup dengan mengoleskan ke seluruh area yang terinfeksi jamur dan mendiamkannya hingga mengering.

 

Cara Menghilangkan Panu Dengan Minyak Zaitun

Minyak zaitun dapat kamu kombinasikan dengan madu yang bermanfaat untuk membasmi panu pada tubuhmu, Komponen kedua bahan ini sangat pas untuk mengurangi pertumbuhan jamur pada kulit,

Caranya cukup mudah yaitu dengan mencampurkan minyak zaitun dan sedikit madu ke sebuah wadah lalu aduk hingga merata kemudian oleskan ke area yang tekena panu. Kamu dapat melakukan hal ini dengan rutin untuk hasil yang lebih maksimal.

Nah itulah beberapa tips cara menghilangkan panu yang membandel yang dapat kamu lakukan di rumah. Jangan tunggu penyakit semakin menyebar untuk mengobatinya. Lakukan penanganan dini agar masalah panu tidak menurunkan tingkat kepercayaan dirimu. Selamat mencoba :)

Previous Post Next Post

Berkomentarlah secara wajar dan sesuai dengan topik didalam artikel, jangan mengirim link spam pada kolom komentar.

Post a comment (0)

Ad Blocker Detected

Tolong matikan adBlock anda karena hanya iklan yang membuat kami semangat menulis