-->

10 Contoh Latihan Soal Tes Psikotes Untuk Daftar Kerja Saat ini

Psikotes merupakan salah satu dari banyaknya rangkaian tes yang harus dilalui oleh pelamar kerja saat melamar kerja. Selengkapnya artikel ini akan membahas beberapa soal seputar psikotes yang sering keluar saat daftar kerja. Dengan membaca artikel ini semoga para pelamar kerja dapat memiliki gambaran tentang psikotes saat melamar kerja.

Tes Psikotes

Tes psikotes merupakan rangkangan tes yang digunakan oleh perusahaan untuk menilai karakter dan kepribadian calon karyawannya. Dengan melakukan psikotes perusahaan berharap dapat memilih kandidat yang sesuai dengan visi dan misi perusahaan.

Tidak semua tes psikotes yang dilakukan oleh setiap perusahaan sama. Hal ini didasarkan pada kebutuhan dan juga posisi yang dibuka oleh perusahaan. Untuk itu berikut kami telah merangkum 10 contoh soal psikotes yang sering keluar saat melamar pekerjaan.

 

  1. Tes Psikotes Wartegg

Tes ini pertama ditemukan oleh Ehrig Warteg seorang psikolog yang berasal dari Jerman. Tujuan dari tes wartegg ini adalah untuk mengetahui karakter yang ada dalam diri calon karyawan. Adapun dalam tes ini menilai kemampuan menyelesaikan masalah, keuletan, cara beradaptasi, kemauan, dll.

Akan disedikan 8 kotak yang berisi pola yang berbeda masing-masing kotak. Tugas peserta tes ialah melanjutkan pola dari masing-masing kotak sesuai dengan imajinasinya masing-masing. Cara mengerjakannya usahakan menggambar secara berurutan dari kiri ke kanan 1-8. Berikut adalah contoh latihan soal tes psikotes wartegg dengan 8 kotak dan pola berbeda :

Tes Psikotes Wartegg
Latihan Soal Tes Psikotes Wartegg
  1. Tes Psikotes Koran

Tes koran atau biasa disebut juga dengan tes kraepelin/paulin merupakan tes psikotes yang menyedikan berbagai macam angka dalam satu atau lebih lembar kertas tes. Tugas kamu dalam tes psikotes koran ini memang terlihat cukup sederhana yakni hanya menjumlahkan angka 0-9 yang tersusun secara vertical. Tetapi kamu perlu menyiapkan betul-betul dan bila perlu berlatih karena tes ini memiliki cukup banyak angka yang akan dijumlahkan. Kunci agar kamu bisa mengerjakan tes ini dengan mudah dan cepat yakni mengerjakan dengan tenang dan mengikuti tempomu. Jangan terlalu panik dan gugup agar jawaban yang kamu tulis pada tes ini tepat dan benar. Berikut adalah contoh latihan soal tes psikotes koran :

Tes Psikotes Koran/Kraepelin
Latihan Soal Tes Psikotes Koran/Kraepelin
  1. Tes Logika Aritmatika

Tes ini biasanya keluar bagi kamu yang melamar di posisi yang membutuhkan banyak ketelitian dengan angka seperti halnya posisi akuntan, analys, finance, dll. Dalam tes logika aritmatika akan disediakan beberapa deret angka dimana tugasmu adalah melanjutkan satu atau dua angka berikutnya dalam deret tersebut.


Baca Juga : Cara Membuat Best Regards di Gmail Agar Terlihat Profesional


Berikut adalah contoh latihan soal tes logika aritmatika :

2,4,6,8,…,…

Jawab :

  1. 9 dan 10
  2. 10 dan 11
  3. 11 dan 12
  4. 10 dan 12 

Dalam kasus ini jawaban dari dua deret berikutnya adalah D yaitu 10 dan 12. Hasil didapat karena pola dari deret 2,4,6,8,…,… selalu bertambah dua ke bilangan berikutnya.

Ada berbagai macam pola dalam deret algoritma. Pola biasanya didapatkan dari penjumlahan sejumlah angka, pengurangan sejumlah angka, pembagian sejumlah angka, perkalian sejumlah angka, atau bahkan gabungan dari penjumlahan dan perkalian, penjumlahan dan pembagian, dll.

  1. Tes Analog Verbal

Tes analog verbal merupakan tes yang digunakan untuk menilai sejauh mana kemampuan dan pengetahuan caln karyawan serta bagaiman sikan calon karyawan dalam menghadapi suatu masalah. Umumnya tes analog verbal meliputi sinonim atau persamaan kata dan antonym atau lawan kata.

Berikut contoh dari latihan soal tes analog verbal :

Tes Psikotes Analog Verbal
Latihan Soal Tes Psikotes Analog Verbal
  1. Tes Psikotes EPPS

Tes EPPS atau Edwards Personal Preference Schedule yakni sebuah tes yang digunakan untuk menilai kepribadian dan karakteristik calon karyawan. Tes ini menyedian sebuah kalimat pernyataan dimana peserta tes bertugas untuk memilih satu pernyataan yang paling sesuai menggambarkan dirinya. Tidak jarang ada beberapa soal yang mungkin menyedian dua pernyataan yang harus kamu pilih dimana tak satupun diantaranya menggambarkan dirimu. Maka kuncinya mengerjakan tes ini ialah kejujuran, karena ada banyak soal yang diulang ulang dan konsistensi jawabanmu juga penting dalam penilaian. Berikut adalah contoh latihan soal tes psikotes EPPS :

Tes Psikotes EPPS
Latihan Soal Tes Psikotes EPPS
  1. Tes Logika Penalaran

Tes psikotes logika penalaran sebenarnya tidak jauh berbeda tujuannya dengan tes logika aritmatika hanya saja pada tes ini berupa gambar sedangkan tes aritmatika berupa angka. Tes ini bertujuan untuk menilai kemampuan seseorang dalam memecahkan masalah serta kecepatan dan ketepatan seseorang dalam mengatasi masalah.

Pada tes psikotes ini biasanya disedikan beberapa gambar dengan sebuah pola yang kemudian peserta tes diharapkan mampu menebak pola dari gambar selanjutnya. Kunci dalam menjawab tes ini yakni konsentrasi dan simak betul-betul gambar-gambar yang disediakan dan jangan lewatkan pola sekecil apapun. Selain itu bila kamu merasa kesulitan maka coba beralih mengerjakan ke soal yang lebih mudah dulu. Berikut adalah contoh latihan soal tes psikotes logika penalaran :

Tes Psikotes Logika Penalaran
Latihan Soal Tes Psikotes Logika Penalaran


Baca Juga : 10 Pertanyaan Seputar Wawancara yang Wajib Kamu Ketahui


  1. Tes Army Alpha Intelegence

Pada tes ini memang sedikit menggelitik otak, pasalnya akan disedikan sebuah bentuk yang berisi kombinasi huruf dan angka. Soal atau instrusksi pun bervariasi , ada pun biasanya instruktur hanya memberikan satu kali instruksi.

Berikut adalah contoh latihan soal tespsikotes  army alpha intelegence

Tes Psikotes Army Alpha Intelegence
Latihan Soal Tes Psikotes Army Alpha Intelegence
  1. Tes Draw a Man

Tes draw a man atau menggambar seseorang memang terdengar unik dan sederhana. Namun jangan salah biasanya karena terlalu banyak tes yang kita kerjaan saat psikotes membuat kita bingung ingin menggambar apa. Bukan sembarang orang, biasanya kamu juga diminta untuk mendiskripsikan karakter dari orang yang kamu gambar.

  1. Tes Draw a Tree

Tes draw a tree atau tes menggambar pohon sebenarnya tidak terlalu sulit dan hampir sama dengan tes draw a man. Hanya saja pada tes draw a tree ini ada banyak jenis pohon atau tumbuhan yang tidak boleh Digambar. Disitulah terkadang peserta mulai bingung hendak menggambar pohon apa. Hal ini dikarenakan ada cukup banyak jenis pohon dan tumbuhan yang tidak boleh Digambar.

  1. Tes Kelebihan dan Kekurangan Diri

Pada tes ini biasanya akan disedikan lebih dari 20 sifat dimana kamu harus menuliskan nya kedalam kelompok kelebihan atau kekurangan diri. Tujuannya adalah untuk menilai sejauh mana kamu dapat mengenali diri sendiri.

 

Nah itulah kira kira 10 contoh soal psikotes yang biasanya sering kita jumpai saat melamar pekerjaan. Kami sangat kagum dengan kamu yang mempunyai semangat tinggi untuk mempelajari psikotes ini. Share jika kamu merasa atikel ini bermanfaat agar kami lebih semangat menulis artikel-artikel menarik lainnya.

Lebih lama

Berkomentarlah secara wajar dan sesuai dengan topik didalam artikel, jangan mengirim link spam pada kolom komentar.

Posting Komentar (0)

Ad Blocker Detected

Tolong matikan adBlock anda karena hanya iklan yang membuat kami semangat menulis