-->

10 Obat Mujarab Pereda Nyeri Haid Secara Alami

Nyeri Haid
Pereda Nyeri Haid

Setiap momen pada saat datang bulan bagi sebagian wanita mungkin terasa menyakitkan. Tak jarang ada beberapa wanita yang juga merasakan nyeri haid ekstrem yang membuat mereka kesulitan untuk beraktifitas normal akibat nyeri yang berkepanjangan. Rasa nyeri saat haid atau datang bulan biasanya dialami sesaat sebelum menstruasi dan semasa periode awal menstruasi. Hal ini tentunya berbeda beda bagi masing-masing orang.

Nyeri saat haid terasa seperti kram di perut yang berarti otot-otot Rahim sedang bekerja saat kita sedang hait sehingga tidak heran jika haid membuat perempuan terasa nyeri di perut. Bagi sebagian wanita ada juga yang mengalami kram disertai dengan rasa mual atau muntah, pusing kepala, atau bahkan diare ketika mereka sedang haid. Penyebabnya bisa jadi karena adanya perubahan hormone prostaglandin di dalam tubuh wanita saat sedang haid.

Umumnya remaja putri yang sering mengalami nyeri haid karena hormon prostaglandin pada seorang remaja lebih tinggi dan seiring usia hormone tersebut akan menurun sehingga jarang nyeri haid ini dialami oleh orang dewasa. Selain dari hormon, penyebab nyeri haid juga dapat terjadi karena adanya suatu penyakit seperti miom. Oleh karena itu jika kalian merasakan sakit atau nyeri haid yang luar biasa sehingga mengganggu aktivitas kalian maka tidak ada salahnya untuk segera memeriksakan diri ke dokter.


Baca Juga: Cara Membuat Lauk Pauk Untuk Penderita Asam Lambung


Lalu bagaimana cara meredakan nyeri haid secara alami ? Nah untuk mengetahui informasi lebih lanjut, kali ini kita bakal share 10 obat mujarab yang dapat membantu para wanita meredakan nyeri haid secara alami. Ini dia tips nya :

 

  1. Air Putih

Obat paling mujarab yang pertama adalah air putih. Sudah tidak diragukan lagi ya bahwa air putih memang sangat penting bagi tubuh manusia. Terlebih lagi bagi seseorang yang sedang masa haid.

Bahkan menurut para peneliti, kandungan didalam air H2O atau hydrogen dioksida yang ada pada air putih sangat bagi bagi kebutuhan tubuh manusia. Ketika seseorang sedang nyeri haid maka kamu dapat mengkonsumsi air putih hangat sebanyak mungkin karena air putih hangat dapat meredakan nyeri haid. Obat yang satu ini sangat mujarab ya sob.

  1. Jahe

Obat mujarab yang gak kalah khasiatnya adalah Jahe. Jahe disebut sebagai obat mujarab bagi penderita nyeri haid karena berdasarkan penelitian tahun 2009 yang membuktikan jika wanita yang mengkonsumsi jahe sebanyak 250 gram saat haid selama tiga hari berturut turut terbukti sama berkhasiatnya jika mengkonsumsi obat penghilang rasa sakit.

  1. Kiwi

Selanjutnya ada obat mujarab yang cukup unik yaitu kiwi. Pada saat wanita haid dan menderita nyeri haid yang biasanya juga berdampak pada pencernaan tubuh sehingga kiwi dapat menjadi solusi alami untuk meredakan nyeri. Pencernaan yang terganggu dapat mengakibatkan sembelit atau susah buang air besar dan kebetulan kiwi mengandung enzim actindin yang dapat membantu mencerna protein lebih rendah.

  1. Bayam

Bayam dikenal sebagai salah satu sayur yang memiliki kandungan zat besi cukup tinggi. Pada saat seseorang sedang haid mereka akan kehilangan darah cukup banyak sehingga pada saat itu tubuh membutuhkan banyak asupan zat besi agar tidak merasa lesu dan lemas. Caranya cukup mudah, kamu dapat mengkonsumsi bayam sebagai salah satu obat mujarab Pereda nyeri haid dengan merebusnya atau dengan membuatnya menjadi jus.

  1. Jeruk

Obat Pereda nyeri mujarab selanjutnya yang sangat penting untuk dikonsumsi adalah jeruk. Jeruk dikenal sebagai makanan utama bagi para wanita yang sedang haid. Jeruk dikenal sebagai salah satu buah-buahan yang banyak mengandung Vitamin C, tetapi selain itu jeruk juga mengandung cukup banyak magnesium, kalium, serta vitamin D sehingga mengkonsumsi jeruk setiap hari saat haid dapat membantu meredakan nyeri haid.

  1. Teh Chamomile

Teh Chamomile dapat menjadi obat mujarab pereda nyeri haid karena teh ini dapat membantu mengurangi kejang otot terutama pada otot perut. Selain itu teh chamomile juga dapat menenangkan dan membuat pikiran menjadi lebih rileks.

  1. Kacang Tanah

Nah siapa sangka kacang tanah ternyata bisa digunakan sebagai obat Pereda nyeri haid loh. Kacang tanah memiliki sumber magnesium yang bermanfaat sangat fantastastis bagi tubuh manusia. Bahkan berdasarkan penelitian mengungkapkan kandungan magnesium pada kacang dapat membantu mengatur serotine yang dapat mencegah kembung saat haid. Kamu dapat mengkonsumsi kacang dalam bentuk butiran biji kacang bahkan selai kacang.

  1. Coklat Hitam

Selain banyak diminati oleh kaum wanita ternyata coklat hitam termasuk salah satu obat mujarab Pereda nyeri haid. Sama halnya dengan kacang, coklat hitam juga memiliki cukup banyak kandungan magnesium dan serat yang dapat mengurangi kembung seperti halnya kacang tanah.

  1. Telur

Telur memiliki banyak nutrisi akan protein dan vitamin seperti vitamin B6, D, dan E yang mana semua kandungan nutrisi ini bekerja sama membantu mengurangi rasa sakit atau nyeri saat masa haid.

  1. Minyak Esensial

Minyak esensial memang banyak kita jumpai untuk relaksasi sehingga tak heran jika minyak esensial merupakan salah satu obat mujarab yang dapat kamu pilih untuk meredakan nyeri haid. Beberapa minyak esensial yang dapat membantu meredakan nyeri haid antara lain lavender, sage, dan marjoram.

 Baca Juga : 

Nah itulah sobat 10 Obat mujarab Pereda nyeri haid yang mungkin dapat kamu coba. Tetapi perlu kamu ingat apabila nyeri haid belum juga sembuh segera periksakan diri ke dokter.

Previous Post Next Post

Berkomentarlah secara wajar dan sesuai dengan topik didalam artikel, jangan mengirim link spam pada kolom komentar.

Post a Comment (0)

Ad Blocker Detected

Tolong matikan adBlock anda karena hanya iklan yang membuat kami semangat menulis