-->

Kenali 8 Ciri Pubertas Pada Anak Laki-laki dan Perempuan

Kenali 8 Ciri Pubertas Pada Anak Laki-laki dan Perempuan

Masa pubertas adalah masa dimana tubuh anak-anak mengalami perubahan fisik menuju dewasa. Masa pubertas juga dapat diartikan sebagai tahap petumbuhan dan perkembangan manusia. Masa ini adalah masa terpenting bagi pertumbuhan anak. Pengertian pubertas itu sendiri adalah fase penting pertumbuhan seseorang yang dialami pada usia anak-anak menjelang remaja. Saat masa pubertas atau saat masa remaja biasanya terjadi kenaikan hormon yang memicu pertumbuhan dan pematangan organ seksual.

Bagi para orang tua penting sekali untuk mengerti dan mengetaui kapan atau saat saat anak tersebut menjelang remaja. Orang tua perlu memperhatikan apa yang terjadi pada anak, dan bagaimana cara menyikapi masa pubertas. Orang tua mungkin kadang masih bingung dengan masa pubertas umur berapa sebetulnya ya ? Masa remaja atau masa pubertas umumnya terjadi ketika anak menginjak usia belasan. Pada masa inilah orang tua dapat mengamati pertumbuhan anaknya. Nah untuk lebih jelasnya yuk simak penjelasan berikut ini

Berikut 8 Perbedaan Ciri Fisik Laki-laki dan Perempuan :

Ciri-ciri Pubertas Anak Laki-laki

Ciri masa pubertas pada laki-laki adalah ditandainya dengan beberapa perubahan fisik berikut ini :

  1. Bentuk tubuh membidang

Periode pubertas dapat dilihat ketika tubuh anak Anda mulai tumbuh. Namun, tepat sebelum itu terjadi, berat badan anak Anda meningkat dan ini dapat dilihat dari lengan dan kaki yang mulai tumbuh.

Selanjutnya, mungkin ada lonjakan pertumbuhan tinggi ketika anak berusia sekitar 13 tahun. Anda juga dapat memperhatikan bahu anak-anak yang bahunya melebar dan otot-ototnya semakin membesar karena pubertas.

  1. Mulai berkeringat

Mulai mempertahankan kebersihan tubuh mungkin merupakan salah satu tahapan pubertas pada anak laki-laki. Anak puber itu bisa diamati semenjak tubuhnya mulai berkeringat dan bau tubuhnya muncul. Oleh karena itu pada masa ini anak Anda sudah mulai diajarkan untuk memakai deodorant dan parfum.

  1. Tumbuh rambut

Tumbuh rambut ini merupakan hal yang wajar ketika masa pubertas. Terkadang sesekali mungkin anak Anda akan bertanya bagaimana cara menyukur rambut. Nah pada masa inilah orang tua sangat berperan penting.

  1. Jerawat

Hormon anak laki-laki yang naik dapat menghasilkan minyak berlebih di kulitnya, ia juga rentan terkena jerawat. Nah, masa dan ciri pubertas ini adalah waktu yang tepat bagi orang tua untuk memperkenalkan perawatan kulit yang baik. Kamu dapat mengajarkan cara sederhana untuk mencuci muka menggunakan sabun wajah sesuai dengan jenis kulit maksimal 2 kali sehari.

  1. Penis dan tetis membesar

Pubertas identik ditandai dengan pertumbuhan testis, rambut kemaluan, dan archarche dari anak laki-laki yang semakin membesar. Kemudian, sekitar sepertiga dari anak laki-laki memiliki benjolan mutiara kecil, yang disebut papula, di penis mereka. Benjolan ini terlihat seperti jerawat, normal, dan tidak berbahaya, meskipun permanen. Nah hal-hal semacam ini yang perlu Anda ketahui ya bund

  1. Mimpi basah

Menurut Dr. Reza Fahlevi, mengalami mimpi basah adalah tanda utama pubertas pada pria. Selain itu, anak Anda mungkin mengalami ereksi di malam hari dan ini dapat terjadi dengan atau tanpa mimpi basah.

Sebaiknya jelaskan arti mimpi basah pada anak Anda sebelum mereka merasakannya. Ini akan  membantu bagi anak-anak yang memangalami perubahan  yang mulai terjadi di tubuhnya, jadi dia tahu itu tidak membasahi. Juga katakan pada anak-anak, mimpi basah itu hanya bagian lain dari pubertas dan itu akan hilang dengan sendirinya

  1. Perbedaan suara

Suara seorang anak lelaki yang semakin ngebass adalah tanda-tanda dia berada di tahap pubertas. Suara yang lebih berat ini terjadi karena massa atau berat volume pita dan kotak balling anak meningkat.Sebelum suaranya berubah sepenuhnya, suaranya bisa pecah, melambung, atau lebih tinggi. Bagi beberapa anak, ini bisa sangat memalukan, sehingga orang tua perlu memperhatikan hal ini dan menjelaskan dengan baik bahwa ia berada dalam tahap pubertas yang normal.

  1. Jakun

Ciri-ciri Pubertas Anak Perempuan

Ciri-ciri pubertas anak perempuan adalah dengan ditandainya perubahan psikologis pada remaja. Umumnya ciri-ciri pubertas anak perempuan adalah sebagai berikut :

  1. Payudara membesar

Masa pubertas paling menonjol pada anak perempuan adalah mulai bertumbuhnya payudara. Biasanya pada masa ini sianak akan merasa sidikit ngilu di area payudara.

  1. Keluar cairan bening dari vagina

Ciri selanjutnya ditandai dengan munculnya cairan bening pada vagina. Hal ini yang biasa disebut dengan keputihan. Cairan yang muncul dalam jumlah sedikit dapat dikatakan normal. Hal ini umumnya terjadi pada anak perempuan sejak 6-12 bulan sebelum haid.

  1. Tumbuh rambut dibeberapa titik

Tumbuh rambut dibeberapa titik juga terjadi pada anak laki-laki. Umumnya seorang anak perempuan akan mengalami tumbuh rambut di ketika dan area kemaluan saja. Sedangkan anak perempuan dapat tumbuh di area wajah yang sering kita sebut dengan kumis.

  1. Tiba masa haid atau menstruasi

Perubahan fisik pada masa pubertas umumnya terjadi secara bertahap. Hal ini sama dengan tibanya masa haid atau menstruasi pada anak perempuan. Masa haid ini biasanya tiba selang 2-3 tahun setelah payudara mulai membesar.

  1. Tinggi badan naik

Tinggi badan naik juga dialami pada masa puber anak laki-laki. Sebagian besar anak perempuan akan mengalami pertumbuhan tinggi badan meningkat pada saat payudara mulai kuncup.

  1. Pinggul membesar

Perubahan ukuran pinggul membesar terjadi pada anak perempuan dan hal ini yang biasanya secara fisik terlihat jelas karena perubahan ini akan membuat bentuk lekukan tubuh perempuan ini ikut berubah.

  1. Mulai muncul jerawat

Jerawat yang muncul berbeda dari setiap orang. Adapun hal ini sesuai dengan produksi hormon masing-masing orang. Pada masa ini penting sekali untuk menjaga dan merawat kebersihan diri agar wajah anak anda tida menjadi ladang jerawat.

  1. Perubahan emosional

Tidak hanya perubahan fisik saja yang terjadi pada masa pubertas, pada masa ini anak cenderung lebih gampang emosi. Sering tidak sependapat dengan orang tua yang berujudng pada murung.

Nah itulah 8 ciri perbedaan masa puber anak laki-laki dan masa puber anak perempuan. Pesan kami semoga Anda menjadi orang tua yang bijak pada anak. Ciri perbedaan masa puber ini memang sanagat penting untuk diperhatikan oleh orang tua. Untuk itu jika Anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan dishare ya 😊

Previous Post Next Post

Berkomentarlah secara wajar dan sesuai dengan topik didalam artikel, jangan mengirim link spam pada kolom komentar.

Post a Comment (0)

Ad Blocker Detected

Tolong matikan adBlock anda karena hanya iklan yang membuat kami semangat menulis