-->

Kenali 5 Penyebab Bau Kaki dan 10 Cara Menghilangkan Bau Kaki Paling Ampuh

Kenali 5 Penyebab Bau Kaki

Setiap orang tentunya ingin memiliki penampilan yang sempurna setiap harinya. Banyak orang-orang yang ingin terlihat sempurna dengan mengenakan pakaian trendy, sepatu bagus, dan bahkan riasan yang mendukung. Namun pernahkah kalian merasa setelah seharian beraktifitas membuat tubuh dan kakimu mengeluarkan bau tidak sedap yang terkadang membuat kita kurang percaya diri. Hal ini seringkali terjadi bagi kamu yang memiliki aktivitas padat.

{tocpost} $title={Daftar Isi}

Menurut medis istilah bau kaki busuk atau bau kaki menyengat disebut juga dengan bromodosis. Bromodosis itu sendiri merupakan kondisi dimana kelenjar keringat yang ada di kaki memproduksi keringat yang berlebih yang membuat kakimu menjadi lembab sehingga muncul bau tidak sedap di kaki. Hal ini seringkali terjadi pada seseorang yang memiliki tingkat aktivitas yang padat serta sepatu yang tertutup.

Bau kaki busuk dapat terjadi pada siapapun tetapi kamu perlu tau dulu penyebab bau kaki busuk berikut ini.

5 Penyebab Bau Menyengat :

  1. Stress

    Stress merupakan kondisi dimana seseorang mengalami banyak pikiran yang berputar-putar di otak. Stress dapat mengakibatkan banyak hal pada tubuh seseorang. Sesorang yang stress dapat memiliki beberapa gejala berbeda seperti gatal-gatal, sakit perut, berjerawat dan pusing. Namun pada beberapa orang mengalami kondisi dimana kelenjar keringat memproduksi keringat yang berlebih pada saat seseorang stress.

  2. Hiperhidrosis

    Hiperhidrosis dapat disebabkan karena kelainan neurologis atau metabolisme yang mengakibatkan seseorang memproduksi keringat jauh lebih banyak dari biasanya.

  3. Perubahan Hormon

    Perubahan hormon pada manusia umumnya dapat menyebabkan produksi keringat pada tubuh seseorang bertambah. Masa puber atau remaja serta masa hamil dapat menimbulkan perubahan hormon. Itulah mengapa masalah bau kaki menyengat biasanya dialami oleh remaja dan ibu hamil.

  4. Athlete’s Foot

    Athlete’s foot merupakan penyakit yang disebabkan adanya jamur pada kaki seseorang. Athlete’s foot tidak hanya terjadi pada kaki seorang atlet saja tetapi pada siapapun. Penyakit ini umumnya ditandai dengan gata-gatal pada kaki serta kulit pada kaki yang kering dan pecah-pecah.

  5. Sepatu Tertutup

    Penyebab bau kaki busuk atau menyengat yang terakhir ialah sepatu yang tertutup. Penggunaan sepatu yang tertutup akan membuat kakimu terjada diruang tanpa sirkulasi sehingga lembab dan berkeringat.


Nah itu tadi beberapa penyebab bau kaki menyengat. Bagi kamu yang mengalami gangguan pada bau kaki menyengat atau bau kaki busuk kamu harus memperhatikan cara menghilangkan bau kaki paling ampuh berikut ini :

Cara Menghilangkan Bau Kaki Dengan Dettol

Dettol merupakan antiseptik yang telah teruji klinis mampu melawan kuman. Penyebab bau kaki tidak hilang dapat kamu atasi dengan menggunakan dettol. Cukup campurkan air dengan dettol pada wadah secukupnya lalu masukkan kakimu kemudian gosok-gosok menggunakan tangan dan diamkan untuk beberapa saat.

Cara Menghilangkan Bau Kaki Dengan Garam

Garam dapat memberikan efek rileks pada tubuh seseorang. Selain rileks, garam juga memberikan efek yang dapat mengurangi kelembapan kaki serta melawan kuman dan bakteri penyebab bau kaki busuk. Kamu cukup menyiapkan air hangat pada sebuah wadah dan mencampurnya dengan sedikit garam. Selanjutnya rendam kakimu dengan posisi duduk yang rileks.

Cara Menghilangkan Bau Kaki Dengan Cuka

Cuka memiliki kandungan asam yang cukup tinggi sehingga ampuh untuk membantu melawan bakteri dan kuman pada masalah bau kaki menyengat. Caranya cukup dengan mencampukan satu baskom air dengan 1/2 gelas cuka. Kemudian masukkan kedua kakimu dan rendam kurang lebih selama 15 menit. Kamu dapat melakukan cara ini secara rutin minimal 1 minggu sekali untuk hasil yang lebih maksimal.

Cara Menghilangkan Bau Kaki Dengan Lemon

Lemon dikenal dengan buah yang memiliki tingkat kesaman yang cukup tinggi. Dengan tingkat keasaman yang dimiliki lemon inilah yang akan membantu melawan kuman dan bakteri pada kaki seperti halnya cuka tadi. Kamu dapat melakukan cara menghilangkan bau kaki dengan lemon dengan menyiapkan kurang lebih 6 buah lemon yang telah kamu peras dan kamu ambil airnya. Selanjutnya perasan air lemon dapat kamu campurkan dengan 1 baskom air hangat. Masukkan kedua kakimu dan nikmati kehangatan air lemon dengan posisi duduk yang rileks.

Cara Menghilangkan Bau Kaki Dengan Minyak Esensial

Cara menghilangkan bau kaki dapat kamu lakukan dengan mengoleskan minyak esensial lavender pada kedua kakimu. Kamu dapat melakukannya sambil memijatnya satu per satu. Aroma lavender selain dikenal dapat merileksan otak dan fikiran ternyata juga memiliki khasiat untuk membunuh kuman loh.

Cara Menghilangkan Bau Kaki Dengan Spray Penghilang Bau Kaki

Alternatif lain yang dapat kamu pilih untuk menghilangkan bau kaki menyengat adalah dengan menggunakan spray penghilang bau kaki. Dengan spray penhilang bau kaki kotoran dan kuman yang menyebabkan bau kaki busuk atau bau kaki menyengat akan langsung teratasi.

Nah itulah beberapa ulasan terkait penyebab bau kaki menyengat yang dapat kami jelaskan. Semoga tips cara menghilanlkan bau kaki yang kami ulas diatas dapat bermanfaat bagi kita semua. Yuk jika kamu merasa postingan ini bermanfaat silahkan untuk di share ya 😊

Lebih baru Lebih lama

Berkomentarlah secara wajar dan sesuai dengan topik didalam artikel, jangan mengirim link spam pada kolom komentar.

Posting Komentar (0)

Ad Blocker Detected

Tolong matikan adBlock anda karena hanya iklan yang membuat kami semangat menulis