-->

Cara Mengoptimasi Penjualan Dengan Jasa Iklan Instagram Terbaru 2021

Pandemi covid-19 yang hingga kini masih berlanjut membuat dunia usaha harus berjuang penuh untuk tetap bertahan di masa ini. Pelaku usaha pada masa ini sangat terdampak karena adanya peraturan PSBB di banyak daerah. Untuk dapat bertahan di masa pandemi ini pelaku usaha dituntut untuk aktif dan kreatif dalam menawarkan produknya kepada konsumen. Seorang pelaku bisnis dapat melakukan riset bahwa di masa pandemi juga terdapat sisi positifnya salah satunya yaitu melonjaknya pengguna sosial media seperti instagram.

Instagram semakin berkembang mengkuti kebutuhan penggunanya. Saat ini kamu dapat memanfaatkan fitur instagram ads untuk menjangkau konsumen lebih luas lagi. Dengan instagram ads kamu dapat memperkenalkan produkmu hingga ke seluruh daerah. Namun ternyata masih banyak pelaku usaha yang belum mengetahui atau bahkan belum bisa menggunakan instagram ads.

Nah para pejuang bisnis tidak perlu khawatir karena kami akan mengulas tentang bagaimana cara menggunakan instagram ads. Yuk simak penjelasan berikut ini !


Mengapa harus menggunakan jasa iklan instagram ?

Cara Membuat Instagram Ads Untuk Mengoptimasi Penjualan

Jawaban atas pertanyaan diatas karena Indoesia menduduki jumlah pengguna instragram terbanyak ke 4 di dunia. Jadi dapat disimpulkan jika kamu menggunakan jasa iklan instagram tentunya akan dapat menjangkau banyak orang di seluruh indonesia. Selain itu pengguna terbanyak yang ada di indonesia rata rata berasal dari kalangan usia 18-24 tahun dimana pada kalangan itu memang aktif sekali menggunakan sosial media. Berdasarkan riset yang dilakukan Tech in Asia mengungkapkan bahwa 45% pengguna instagram di indonesia melakukan pembelian produk yang mereka lihat di instagram. Inilah peluang besar yang harus kamu manfaatkan dalam mengembangkan bisnismu terutama di masa pandemi covid-19 seperti ini.

Instagram Ads

Instagram Ads atau jasa iklan instagram adalah platform periklanan di Jejaring Sosial Instagram. Kamu dapat membuat iklan di Feed Instagram dan cerita Instagram melalui platform ini. Jika Kamu terbiasa dengan pembuatan iklan di iklan Facebook, membuat iklan di Instagram tidak akan sulit bagi Kamu. Karena sejak bergabung dengan Facebook pada 2012, platform periklanan dikumpulkan di administrator Facebook. Jadi langkah-langkah untuk membuat iklan Instagram hampir mirip dengan cara membuat iklan Facebook.

Seperti persyaratan untuk membuat iklan Facebook, Kamu juga harus memiliki halaman Facebook sebelum membuat iklan Instagram. Yuk kita buat iklan yang dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini :


Cara Membuat Instagram Ads Untuk Mengoptimasi Penjualan

Sebelum kamu memutuskan akan menggunakan fitur instagram ads pastikan bahwa akun instagram yang akan kamu daftarkan ke jasa iklan instagram adalah akun bisnis. Selanjutnya pastikan kamu login ke facebook dan menghubungkan instgrammu ke facebook. Hal ini perlu kamu lakukan karena instagram telah bergabung dengan facebook sejak tahun 2012. Setelah itu masuk kelaman Facebook Ads Manager lalu buka menu kampanye dan pilih buat iklan.

Facebook akan menyediakan dua opsi untuk membuat pengumuman, yaitu, pembuatan iklan terpadu dan pembuatan iklan cepat. Saran saya usahakan memilih pembuatan iklan terpandu agar iklan kamu lebih spesifik. Selanjutnya kamu dapat menentukan tujuan iklan dimana facebook ads manajer memberikan jenis  kategori tujuan seperti kesadaran, konversi, dan pertimbangan.

Tujuan Kesadaran Merk (Awarness)

Kesadaran Merk (AwarnessI) bertujuan untuk mengiklankan produkmu pada orang-orang yang memungkinkan besar peluangnya untuk tertarik akan produkmu. Iklan dengan kesadaran merk mampu menjangkau jumlah maksimal sesuai dengan anggaranmu.

Tujuan Pertimbangan (Consideration)

Terdapat beberapa pilihan pada tujuan ini diantaranya yaitu :

  1. Lalu Lintas/Trafik : Bertujuan untuk menaikkan jumlah kunjungan
  2. Interaksi :Pilihan ini memungkinkan untuk adanya interaksi seperti like halaman serta tanggapan pada beberapa acara yang kamu selenggarakan
  3. Pemasangan Aplikasi : Pilihan ini sangat cocok untuk kamu yang menginginkan orang lain melakukan instalasi aplikasi di handphone mereka.
  4. Penayangan Video : Pilihan ini sangat cocok jika iklan yang ingin tayangkan berupa konten video
  5. Pembuatan Prospek : Iklan ini bertujuan untuk mengumpulkan data dari orang-orang yang memiliki ketertarikan pada produk yang kamu tawarkan. Data yang dimaksud biasanya berupa email.
  6. Pesan : Iklan ini bertujuan untuk mengajak orang-orang mengirim pesan ke bisnis kamu melalui whatsapp maupun massanger.


Langkah selanjutnya setelah kamu menentukan tujuan iklan adalah memilih jenis iklan. Dalam hal ini facebook memberikan dua pilihan iklan yaitu uji split dan pengoptimalan anggaran dimana dua iklan ini dapat digunakan secara bersamaan. Setelah itu tulis nama iklan dan pilih tujuan trafikmu. Kamu juga dapat menampilkan promo jika tokomu sedang mengadakan promo. Kemudian tentukan target audience, penempatan iklan, serta tanggal tayang. Barulah kamu dapat menghubungkan iklanmu ke instagram. Setelag itu kamu akan diarahkan ke format iklan, buat teks iklan, memasukkan gambar, judul iklan, tautan dan melakukan pembayaran.

Cara Bayar Instagram Ads

Cara bayar instagram ads berikut ini dapat kamu lakukan meskipun kamu tidak mempunya kartu kredit. Kamu dapat menggunakan metode transfer atm atau internet bangking dan dapat pula mendatangi bank-bank lokal. Mau tau cara bayar instrgam ads tanpa ribet ? Yuk simak penjelasan berikut ini :

  1. Pastikan kamu memilih “ATM dan Bank Transfer” pada metode pembayaran saat akan mengiklankan sebuah konten atau produkmu. Setelah itu pilih menu “Tambah metode pembayaran baru” dan kemudian pilih “ATM dan Bank Transfer”. Pastikan kamu mengubah mata uang ke IDR dengan pilihan negara “Indonesia”.
  2. Masukkan nominal pembayaran
  3. Terdapat 16 Digit yang harus kamu masukkan ke layar ATM dan Internet Banking agar kamu dapat menyelesaikan pembayaran.

Setelah kamu melakukan tahap hingga pembayarn instagram ads tetapi iklan instagram ads tidak jalan maka kamu dapat memperhatikan ulasan berikut ini :

Kenapa Iklan Instagram Tidak Jalan

Salah satu penyebab iklan instagram tidak jalan adalah karena kemungkinan-kemungkinan berikut ini :

  1. Masalah Pada Split Test

    Masalah pada split test dapat terjadi jika kamu tidak melakukan split test atau tes secara terpisah dimana seseorang dapat beriklan dengan dua jenis sekaligus.

  2. Tidak Sabaran

    Ingatlah bahwa sebuah usaha tidak ada yang instan. Kamu memang telah beriklan tapi ingat bahwasanya facebook ataupun instagram adalah sebuah mesin yang mana mesin ini juga membutuhkan waktu untuk mempelajai target iklanmu.

  3. Gambar Kurang Tepat

    Kamu harus memperhatikan aturan penggunaan gambar yang ada di paltform iklan tersebut. Jika kamu melanggar aturan itu maka kemungkinan besar iklanmu dapat bermasalah. Umumnya di facebook atau instagram ads menggunakan proporsi 20% kata-kata dan 80% gambar.

  4. Tujuan Tidak Terarah

    Penting sekali untuk menentukan tujuan dan arah target iklan karena ini akan mempengaruhi jangkauan iklanmu. Jika tujuan yang kamu pilih ketika mengiklankan suatu produk tidak terarah maka jangan berharap iklanmu dapat tepat sasaran.

  5. Melesetnya sebuah target

    Targeting yang meleset dapat terjadi jika kamu tidak memperhatikan fitur-fitur yang telah disediakan oleh facebook ads maupun instgram ads.

Nah itulah beberapa tips dari kami untuk mengoptimasi penjualan produkmu dimasa pandemi saat ini. Ingat ya jangan menyerah dan lakukan hal postif yang membuatmu untuk terus produktif. Semoga artikel ini dapat membantu kamu yang sedang berjuan, Semangattt 😊

Lebih baru Lebih lama

Berkomentarlah secara wajar dan sesuai dengan topik didalam artikel, jangan mengirim link spam pada kolom komentar.

Posting Komentar (0)

Ad Blocker Detected

Tolong matikan adBlock anda karena hanya iklan yang membuat kami semangat menulis